23 Arti Mimpi tentang Al-Quran

Notification

×

Iklan

Iklan

23 Arti Mimpi tentang Al-Quran

Selasa, 04 Mei 2021 | 23:00 WIB Last Updated 2022-08-22T04:49:59Z

Al-Quran adalah pedoman hidup yang diturunkan oleh Allah SWT bagi umat manusia. Bagi umat Islam, Al-Quran adalah sumber hukum yang pertama dan utama. Membacanya adalah ibadah, terlebih mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, apakah Anda pernah bermimpi tentang Alquran? Imam Muhammad Ibn Sirin dalam kitab Tafsir Mimpi berjudul “Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam” mengungkapkan, bermimpi tentang Alquran saat tidur mengandung begitu banyak makna.

Apa saja maknanya? Berikut adalah penjelasannya.

1. Dalam mimpi, kitab suci Alquran melambangkan sebuah taman karena ketika seseorang memandangnya, ia tampak seperti taman indah dan ayat-ayatnya adalah buah pengetahuan dan kearifan yang apat dipetik pembacanya.

2. Mempelajari sebuah ayat Alquran, hadis Nabi SAW, Sunnah Nabi, atau suatu keahlian dalam mimpi berarti kekayaan sesudah kemiskinan, atau petunjuk setelah kelalaian.

3. Jika seseorang melihat dirinya membaca halaman-halaman Alquran dalam mimpi, maka ini berarti kehormatan, kekuasaan, kebahagiaan, dan kemenangan.

4. Membaca Alquran dalam hati tanpa membaca halaman-halaman Kitab Suci dalam mimpi berarti membuktikan benar, atau mempunyai pernyataan yang benar, menjadi saleh, memerintahkan kebaikan dan melarang kemungkaran.

5. Jika kepada seseorang disampaikan satu ayat dari Alquran dalam mimpi, maka ia harus memahaminya, mengingatnya, dan melanjutkannya dengan ayat yang sama. Jika ayat itu bercerita tentang rahmat atau kabar gembira, atau nasihat-nasihat yang baik lainnya dalam mimpi, maka takwil mimpi seseorang akan sama dengan yang tadi.

6. Jika ayat Alquran yang dibaca dalam mimpi itu mengandung makna suatu nasihat, maka seseorang harus bertindak dengan sesuai ayat itu agar beroleh manfaatnya.

7. Jika seseorang mendengar sebuah ayat Alquran yang mengandung peringatan, janji hukuman untuk orang lain, atau menyatakan pembalasan yang cepat atas dosa--dosa mereka, maka ia harus segera bertobat atau dosa-dosanya, sekalipun ayat itu berkenan dengan berbagai bangsa atau zaman dulu.

8. Jika seseorang melihat dirinya membaca Alquran dan memahami apa yang disampaikan ayat-ayat itu dalam mimpi, maka ini menyatakan kewaspadaan, intelegensi, keimanan, dan kesadaran spiritualnya.

9. Jika sebuah ayat Alquran dibacakan kepada seseorang dalam mimpi, dan jika ia tidak setuju dengan keputusan Tuhan dalam mimpi itu, maka ini berarti bahwa ia akan menderita kerugian dari seseorang yang berwenang, atau bahwa azab dari Allah Yang Mahakuasa akan segera jatuh kepadanya.

10. Jika seseorang yang buta huruf melihat dirinya membaca Alquran dalam mimpi, maka ini juga berarti kematiannya, atau bahwa ia membaca buku catatan amalnya sendiri.

11. Jika seseorang melihat dirinya membaca Alquran tanpa benar-benar memperhatikannya dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia mengikuti pikirannya sendiri, penafsiran pribadi, dan bid’ah.

12. Jika seseorang melihat dirinya memakan lembaran-lembaran Alquran dalam mimpii, maka ini berarti bahwa ia mendapatkan mata pencahariannya dari pengetahuannya tentang itu.

13. Jika seseorang melihat dirinya menyelesaikan seluruh bacaa Ålquran dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ada ganjaran dari Tuhan yang menantinya, dan bahwa segala permintaannya akan terkabul .

14. Jika seseorang kafir melihat dirinya membaca Alquran Suci dalam mimpi, maka ayat-ayat tentang peringatan bakal menolongnya dalam kehidupannya.

15. Ayat-ayat tentang azab akan menjadi peringatan baginya dari Allah Yang Mahakuasa, dan ayat-ayat perumpamaan menunjukkan kebutuhannya untuk merenungkan makna.

16. Jika seseorang melihat dirinya menuliskan ayat-ayat Alquan Suci di atas sekeping kulit kerang mutiara, atau sepotong kain dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia menafsirkan ayat itu sesuai dengan kehendaknya sendiri.

17. Jika seseorang melihat dirinya menulis sebuah ayat Alquran di atas tanah dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia adalah seorang ateis.

18. Juga dikatakan bahwa membaca Alquran dalam mimpi berarti terpenuhinya kebutuhan seseorang, kebersihan hati, dan keberhasilannya dalam kehidupan.

19. Jika ia mendapati dirinya hafal Alquran dalam mimpi, meskipun dalam keadaan terjaga ia tidak hafal, maka ini berarti bahwa ia akan memiliki harta yang banyak.

20. Mendengarkan ayat-ayat Alquran Suci dalam mimi berarti menguatnya kekuasaan seseorang, mengakhiri kehidupan dengan terpuji, dan terlindung dari kedengkian dan iri-hati orang-orang yang berbuat jahat.

21. Jika seorang yang sedang sakit melihat dirinya membaca sebuah ayat dari Alquran tetapi tidak ingat ayat itu termasuk ke dalam surah yang mana dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia akan sembuh dari sakitnya.

22. Menjilat Alquran Suci dalam mimpi berarti bahwa seseorang telah melakukan sebuah dosa besar.

23. Membaca Alquran dalam mimpi berarti meningkatnya perbuatan baik dan naiknya kedudukan orang itu.