Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, Juli 23, 2021 | 09:05 WIB Last Updated 2021-07-23T02:06:32Z
NUBANDUNG – Air kelapa baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi dan membuat tubuh tetap segar. Air kelapa yang dikonsumsi saat buka puasa bisa mengisi kembali cairan tubuh yang berkurang.

Karena, air kelapa mengandung elektrolit yang merupakan mineral alami yang terdapat dalam makanan dan tubuh. Zat bermuatan listrik ini dapat dengan mudah diserap oleh tubuh dan bisa menghidrasi tubuh lebih cepat.

Selain itu, mengonsumsi cairan elektrolit yang cukup dapat menjaga keseimbangan elektrolit yang sehat dalam tubuh. Bisa juga menyeimbangkan kadar pH, detoksifikasi, dan meningkatkan kesehatan otak.

Dilansir dari Khaleej Times, air kelapa juga mengandung potasium yang berfungsi dalam memberikan hidrasi optimal pada tubuh. Mitun Desarkar ahli nutrisi dan diet dari Dubai juga menganjurkan minum air kelapa saat buka puasa agar tubuh kembali terhidrasi, seperti dilansir dari Gulf News (9/5).

Tak hanya untuk menghidrasi tubuh, air kelapa juga memiliki 4 manfaat lain, berikut manfaat air kelapa:

1. Rendah Kalori dan Gula


Alasan mengapa air kelapa baik dikonsumsi saat buka puasa adalah rendah kalori dan gula. Air kelapa memiliki rasa manis yang alami, tanpa tambahan pemanis juga sudah terasa enak dan segar. Kandungan kalorinya juga sangat rendah. Dalam satu gelas (147 ml) air kelapa hanya mengandung sekitar 46 kalori.

2. Penambah Energi


Puasa selama sehari penuh tanpa makan dan minum bisa menyebabkan energi berkurang. Air kelapa baik dikonsumsi untuk menambah energi. Karena di dalam air kelapa juga mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas dan energi.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Stroke


Air kelapa juga mengandung kalium yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu menurunkan natrium dalam darah yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan


Gangguan kesehatan yang sering dialami selama puasa adalah masalah pencernaan. Karena air kelapa mengandung magnesium, maka saat mengonsumsinya secara rutin dapat membantu mencegah sembelit.

Sumber: FoodDetik.com


X
X