Jalin Kerja Sama, UIN Bandung-ITB Siap Gelar ICWT 2022

Notification

×

Iklan

Iklan

Jalin Kerja Sama, UIN Bandung-ITB Siap Gelar ICWT 2022

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:24 WIB Last Updated 2022-01-29T03:31:22Z

NUBANDUNG.ID - Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan perjanjian kerja sama untuk penyelenggaraan konferensi internasional bersama yang bertajuk International Conference on Wireless and Telematics (ICWT) 2022, Kamis (27/01/2022).

Kegiatan ICWT ke-8 ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21-22 Juli 2022.

Dalam kesempatan tersebut hadir Dekan STEI ITB, Dr. Tutun Juhana, MT dan Dekan FST UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dr. Hasniah Aliah, M.Si. Turut hadir juga Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung Dr. Deni Miharja, WD 3 FST Dr. Aep Saepulloh, Ketua Jurusan Teknik Elektro, Nanang Ismail, MT, dan Dosen Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Bandung Dr. Deni Miharja menyampaikan bahwa LPPM UIN sangat mendukung kegiatan ini, karena dapat menghasilkan publikasi ilmiah internasional yang terindeks SCOPUS, tentu ini sangat membantu UIN dalam capaian publikasi yang tercantum dalam IKU.

Lebih lanjut Deni menjelaskan bahwa ICWT merupakan salah satu kegiatan yang memberikan kontribusi besar bagi capaian publikasi UIN Sunan Gunung Djati disamping Konferensi lainnya yang dilaksanakan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sementara itu Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Hasniah Aliah, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ICWT ini akan memberikan dampak positif bagi FST terutama dalam publikasi ilmiah, disamping itu banyak keuntungan lainnya  yang didapatkan diantaranya adalah kerjasama yang bisa dikembangkan lebih lagi, misalnya pertukaran mahasiswa, kolaborasi penelitian dan banyak lagi.

Tentunya hasil dari kerja sama ini akan meningkatkan capaian IKU yang diamanatkan kepada FST, dan FST akan semakin baik kedepannya, lanjut Hasni.

Pada kesempatan yang sama Dekan STEI ITB Dr. Tutun Juhana, MT menyampaikan bahwa kerjasama ini tentu akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, bahkan kedepan riset-riset ITB bisa dikolaborasikan dengan UIN Bandung, bahkan dengan ilmu sosial, agama dan Humaniora, karena riset-riset hasil kolaborasi akan menghasilkan riset yang bagus, dengan tetap tidak meninggalkan ruh teknologi yang kita dalami. Kolaborasi dengan humaniora dalam publikasi juga akan cenderung menambah sitasi.

Lebih lanjut Dr. Tutun menyampaikan riset yang dilakukan dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung sudah sangat bagus, apalagi dilakukan kolaborasi akan semakin hebat, “paper-paper yang masuk ke ICWT dari tahun ke tahun semakin baik”.

Saat dimintai pendapat, Ketua Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Nanang Ismail, MT, menyatakan bahwa kerjasama ini memasuki tahun ke 5 dengan ITB dimana setiap tahun selalu meningkat jumlah publikasi yang dihasilkan dari konferensi ini, dan kita akan berusaha tahun ini, akan lebih meningkatkan lagi jumlah publikasi yang dihasilkan.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Sekretaris Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Eki Ahmad Zaki Hamidi, MT, yang sangat antusias dalam kegiatan ini, serta ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. M.Iding, M.Pd.