Inilah Manfaat Peuyeum Bandung untuk Kesehatan Tubuh

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Manfaat Peuyeum Bandung untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 31 Desember 2022 | 15:39 WIB Last Updated 2022-12-31T08:39:10Z


NUBANDUNG.ID
— Siapa tak kenal peuyeum Bandung. Kuliner atau cemilan khas tanah Pasundan ini memang unik karena punya tekstur dan aroma yang khas. Selain itu, peuyeum Bandung ini kaya akan manfaat lho. 


Proses fermentasi yang terjadi di pembuatan peuyeum ini mengandung berbagai jenis mikroorganisme yang dapat meningkatkan produksi Vitamin B12.


Peuyeum ini dipercaya sebagai makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Apalagi Bandung terkenal dengan cuacanya yang dingin. Terlebih, peuyeum sebagai pengganti nasi yang pada zaman dahulu masih langka ditemukan.


Vitamin yang ada di peuyeum itu dipercaya dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu, peuyeum cocok sekali dikonsumsi bagi seseorang yang Anemia.


Selain itu, manfaat yang dihasilkan dari fermentasi peuyeum ini juga ternyata mengandung cairan probiotik. Zat ini sangat ampuh membunuh bakteri-bakteri jahat yang berdiam diri di dalam saluran pencernaan. Selain itu, diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memproteksi diri dari racun.


Untuk kamu yang ada rencana menurunkan berat badan, peuyeum bandung juga cocok banget masuk ke dalam lis makanan yang wajib dikonsumsi. Dikenal sebagai makanan rendah lemak dan tinggi akan karbohidrat dan serat ini dapat membuat organ pencernaan bekerja dengan baik.


Jadi, siapa nih yang belum pernah menyicipi peuyeum Bandung? Kalau belum, coba deh masukan peuyeum ke dalam daftar makanan yang wajib dicicipi. Ketika memakannya kamu akan mendapatkan dua kenikmatan sekaligus.


Mengolah peuyeum


Cara membuat peueyum adalah dengan menyiapkan bahan dasar singkong, air, dan ragi. Pertama, singkong yang sudah dikupas kulitnya dicuci bersih, kemudian direbus dengan air hingga berubah tekstur menjadi agak lembut.


Kemudian singkong dibungkus dengan daun pisang yang sudah ditaburi ragi sebelumnya, setelah itu singkong ditata rapi dan dibiarkan selama dua atau tiga hari dalma wadah tertutup. Setelah dua atau tiga hari singkong sudah menjadi peuyeum dan siap untuk disantap.***