Pentingnya Kebiasaan Membaca

Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Kebiasaan Membaca

Senin, 27 Maret 2023 | 10:41 WIB Last Updated 2023-03-27T03:41:06Z


Oleh: Idat Mustari*


NUBANDUNG.ID - Bangsa Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim, adalah bangsa yang menempati peringkat ke 62 dari 70 negara atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). 


Padahal ayat pertama turun ke Rasulullah  saw adalah perintah membaca. “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan…” (QS. Al-Alaq: 1).


اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ


Kata اقرأ mengandung pesan perintah kepada Nabi Muhammad dan umatnya untuk membaca ayat-ayat tertulis (Qauliyah) maupun ayat-ayat tidak tertulis (Kauniyah).


Islam pernah mencapai puncak peradaban. Puncak Kejayaan Islam di masa lalu dicapai akibat kemajuan ilmu pengetahuan. Tentunya ini bisa terjadi karena umat Islam saat itu,  rajin membaca. Tanpa membaca, tak mungkin lahir penemuan-penemuan saints dan teknologi.


Khalifah Ali pernah berkata, “Mereka yang menyibukkan dirinya dengan membaca buku, tidak akan pernah kehilangan kedamaian di dalam hatinya”. Sang khalifah melanjutkan, “pengetahuan baru setiap hari akan mengurangi rasa lelah di hati kita, karena ia (hati), sebagaimana tubuh, juga tidak terhindar dari rasa lelah”. 


Dunia hanya bisa diraih oleh orang  yang memiliki ilmunya. Akherat menjadi tempat yang membahagiakan bagi orang yang  memiliki ilmunya. Begitupun kebahagiaan dunia dan akherat tercapai jika memiliki ilmunya, begitu  kata Hadis Nabi saw. 


Namun sayang, umat Islam di negeri ini masih minim tingkat bacanya, kalah oleh negara-negara yang bukan mayoritas muslim, seperti Cina, Jepang, Inggris dan Amerika yang justru punya budaya baca yang tinggi. 


Tentu kondisi rendahnya budaya baca, bangsa Indonesia yang mayoritas muslim, sangatlah memprihantinkan. Betapa pentingnya kebiasaan membaca, patut rasanya belajar dari kisah ini :


Bunda :”Kamu tau siapa itu ibu Kartini nak ?”

Anak : “tak tau Bun...emangnya siapa?

Bunda: makanya rajin baca buku sejarah !!


Anak : Bun, tau gak siapa itu tante Lisa ?

Bunda : gak tau ... emangnya siapa ?

Anak : makanya Bun, rajin baca WA nya ayah !!


Bunda: ????  


Semoga bermanfaat...MET aktivitas dihari senin dan MET berpuasa semoga sehat selalu, panjang umur dan bahagia.


*Pemerhati Sosial, Motivator dan Advokat.