Notification

×

Iklan

Iklan

Jalan-Jalan Ke Masjid Raya Bandung

Sabtu, Mei 08, 2021 | 01:03 WIB Last Updated 2021-09-13T15:44:07Z

NUBANDUNG.ID
- Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, yang dulu dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung, adalah masjid yang berada di Kota Kembang, Jawa Barat, Indonesia. Status masjid ini adalah sebagai masjid provinsi bagi Jawa Barat.

Masjid ini pertama dibangun pada 1810. Sejak didirikan, Masjid Agung telah mengalami delapan kali perombakan pada abad ke-19, kemudian lima kali pada abad ke-20, sampai akhirnya direnovasi lagi pada 2001, sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 oleh Gubernur Jabar saat itu, H.R. Nuriana. Masjid baru ini, yang bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang lama, yang bercorak khas Sunda.

Masjid Raya Bandung, seperti yang kita lihat sekarang, terdapat dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum setiap Sabtu dan Minggu.

Atap masjid diganti dari atap joglo menjadi satu kubah besar pada atap tengah dan yang lebih kecil pada atap kiri-kanan masjid serta dinding masjid terbuat dari batu alam kualitas tinggi. Masjid Raya Bandung dapat menampung sekitar 13.000 jamaah.

Masjid Raya Bandung berada di Alun-Alun Bandung dekat ruas Jalan Asia-Afrika, pusat Kota Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan.

Masjid Raya Bandung hasil rancangan empat orang perancang kondang dari Bandung, yakni Ir. H. Keulman, Ir. H. Arie Atmadibrata, Ir. H. Nu’man, dan Prof. Dr. Slamet Wirasonjaya.

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Bandung sempatkan ke masjid ini. Tempat ini begitu indah dan cocok untuk wisata religi di tengah Kota Paris Van Java ini.

Masjid Raya Bandung viral di media sosial. Bahkan tempat tersebut menjadi salah satu ikon wisata kota Bandung. Jadi tidak salah kalau menjadikan lokasi ini sebagai tempat ngabuburit menjelang berbuka.

Mau tahu tentang fakta-fakta Masjid Raya Bandung yang berlokasi di Jl. Dalem Kaum No.14, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung? Berikut ulasannya.

Satu Area dengan Alun-alun


Kawasan Masjid Raya Bandung berada di satu tempat dengan Alun-Alun Bandung. Alun-alun Bandung merupakan spot wisata yang ramai didatangi pengunjung. Alun-Alun Bandung terletak pada lapangan berlapis rumput sintetis yang digelar di luasnya area pelataran masjid.

Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati udara sejuk kota Bandung tanpa harus takut kotor. Selain bisa duduk santai, kamu juga bisa duduk-duduk di arena rumput ini. Kamu bisa mengabadikan momen keseruan di sini dengan ponsel kamu.

Punya Menara Kembar


Masjid Raya Bandung memiliki dua menara kembar di sisi kanan dan kiri masjid. Menara setinggi kurang lebih 81 meter ini dibuka untuk umum pada Sabtu dan Minggu.

Dari ketinggian menara itu, kamu bisa melihat keindahan Kota Bandung. Selain pemandangan kota, kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Tangkuban Parahu.

Letaknya Strategis


Letak Masjid Raya Bandung sangat strategis di pusat kota. Masjid itu berada tidak jauh dari objek wisata lain yakni Museum Asia Afrika Konferensi, Jalan Braga, dan Hotel Savoy Homan.

Indahnya Masjid Raya Bandung di Malam Hari


Menikmati malam  di area Masjid Raya Bandung, kenapa enggak? Suasana malam di area ini cocok banget untuk kamu yang ingin santai bersama keluarga. Selain bisa duduk santai di area rumput sintetis, kamu juga bisa berkeliling ke spot menarik lainnya.

Kawasan Masjid Raya yang berada di satu tempat dengan Alun-Alun Bandung membuat spot wisata ini semakin ramai didatangi pengunjung. Kamu juga bisa mampir dan foto-foto  di gedung-gedung bersejarah di sekitar Masjid Raya yang sarat akan gaya kolonial.

Diolah dari berbagai sumber
X
X