4 Daerah Wisata di Jabar yang Wajib Dikunjungi

Notification

×

Iklan

Iklan

4 Daerah Wisata di Jabar yang Wajib Dikunjungi

Selasa, 01 Juni 2021 | 11:28 WIB Last Updated 2021-09-13T15:46:19Z

NUBANDUNG – Jawa Barat memang gudangnya destinasi wisata berkelas di Indonesia. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburanya di Tanah Priangan. Hal ini wajar adanya karena banyak destinasi wisata di Jawa Barat yang layak dikunjungi.

Dikutip dari Ayobandung, Jawa Barat dikunjungi oleh 35.609.459 wisatawan sepanjang 2020 lalu. Dari puluhan juta wisatawan yang datang, ada 4 destinasi wisata yang menjadi favorit para wisatawan.

Hal ini berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang dilansir Jumat (2/4/2021).

Destinasi mana yang menempati puncak destinasi wisata favorit wisatawan?

1. Kota Bandung


Lokasi Kota Bandung yang strategis memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin sekadar menikmati kuliner khas Kota Kembang, berbelanja atau sebagai daerah transit menuju objek wisata.

Disparbud Jabar mencatat, Kota Bandung jadi daerah paling banyak dikunjungi dengan 2.431.290 wisatawan pada tahun lalu. Kota Bandung ialah Ibu kota Jawa Barat ini memang sudah dikenal sebagai daerah favorit wisatawan.

Disparbud Jabar mencatat, Kota Bandung jadi daerah paling banyak dikunjungi dengan 2.431.290 wisatawan pada tahun lalu.

2. Kabupaten Pangandaran

Kabupaten Pangandaran menjadi tujuan favorit para pelancong yang ingin menikmati keindahan pantai dan wisata alam lainnya. Berdasarkan catatan Disparbud Jabar ada 3.939.992 wisatawan yang datang selama tahun 2020 lalu.

Adapun sejumlah objek wisata paling banyak dikunjungi di Pangandaran yakni Pantai Karapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Citumang Bodyrafting, Cukang Taneuh dan Green Canyon.

3. Kabupaten Bandung Barat


Wilayah yang terletak di utara Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat merupakan daerah paling banyak dikunjungi wisatawan selama 2020. Disparbud Jabar mencatat ada 3.440.529 wisatawan baik domestik atau mancanegara.

Sejumlah objek wisata yang sering dikunjungi dan diunggah lewat media sosial antara lain, Maribaya Natural Hotspring, The Lodge Maribaya, Dago Dream Park, Farm House, Floating Market dan The Great Asia Afrika.

4. Kabupaten Garut


Daerah yang berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung, Kabupaten Garut jadi salah satu daerah yang punya daya tarik bagi wisatawan. Adapun daerah yang dikenal dengan camilan Dodol ini punya variasi objek wisata yang beragam. Dari mulai area pegunungan hingga pesisir pantai yang eksotik.

Sepanjang tahun 2020, Kabupaten Garut telah dikunjungi oleh 1.907.007 wisatawan domestik dan mancanegara. Sejumlah destinasi wisata yang terfavorit antara lain, Kawasan Wisata Cipanas, Kawah Darajat, Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya dan Situ Bagendit.

”Provinsi Jawa Barat kaya akan potensi wisata yang tersebar di 27 kota dan kabupaten. Pariwisata juga diharapkan menjadi tumpuan bangkitnya perekonomian di Jabar yang sempat anjlok akibat pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik.