Notification

×

Iklan

Iklan

5 Tanaman Hias Bernama Lidah yang Percantik Rumah Kamu!

Kamis, Juli 29, 2021 | 08:37 WIB Last Updated 2021-07-29T01:37:37Z

NUBANDUNG
 – Di masa pandemi ini, tanaman hias tengah menjamur dan menjadi hobi yang diminati warga. Beberapa tanaman hias yang wajib dikoleksi adalah tanaman berjenis lidah-lidahan.

Tidak hanya sekadar menyalurkan hobi, beberapa tanaman jenis lidah juga bisa menyerap racun CO2 dengan alami.

Berikut adalah beberapa tanaman hias jenis “lidah” yang bisa Anda pilih untuk mempercantik tampilan rumah.

1. Lidah Buaya


Perawatannya mirip dengan sukulen. Dia hanya disiram seminggu atau dua minggu sekali untuk posisi tanam di indoor.

“Untuk outdoor, tanaman ini cukup kuat dan memang idealnya ditanam di luar ruangan,” kata Mezastrata Sayfrul sebagai pemilik usaha jual-beli tanaman, Laligar Nursery.

Media yang cocok untuk tanaman ini terdiri dari tanah, pasir malang, sekam bakar, dan pupuk kandang. Jangan lupa dengan perbandingan 2:2:2:1.

2. Lidah Mertua


Nah ini dia jenis lidah-lidahan yang paling sering disebutkan. Bisa ditanam indoor maupun outdoor.

“Untuk indoor, tanaman ini bisa disiram seminggu dia kali dengan penjemuran seminggu sekali,” tambahnya.

Lidah mertua juga dikenal sebagai tanaman penyerap racun macam CO2 hingga timbal. Seperti dipaparkan oleh peneliti ekofisiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Nuril Hidayat.

“Dilihat dari karakternya, lidah mertua itu penyerapan CO2-nya juga tinggi karena memiliki banyak stomata pada daun atas dan bawahnya, zat klorofilnya juga tinggi,” ujar Nuril seperti dikutip dari Hai Bunda dari detikHealth.

Media tanam yang cocok untuk lidah mertua terdiri dari campuran pasir malang, tanah, sekam padi, dan pupuk kandang. Perbandingan yang digunakan adalah 2:2:2:1.

3. Lidah Katak


Lidah katak ini biasa disebut dengan drimiopsis kirkii.Tanaman sejenis kencur ini merupakan tanaman bertunas dengan cara perawatan yang sangat mudah. Untuk penyiraman pun bisa dilakukan sekitar dua hingga tiga hari sekali.

“Lidah katak bisa ditanam indoor maupun outdoor, tanaman termasuk tanaman yang tahan panas. Untuk media tanam yang digunakan terdiri dari humus bambu, sekam padi andam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1:1,” kata Reza.

Anda yang berminat menanamnya, bisa membeli secara online di nyaris seluruh platform E-Commerce. Harganya pun termasuk terjangkau yakni di kisaran Rp15 ribu – Rp45 ribu.

4. Lidah Kucing


Tanaman ini merupakan tanaman hias bunga dan sering disebut tanaman pukul delapan. Ini karena mekarnya kira hanya dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00.

Tanaman ini merupakan tanamanoutdoordan memang cocok ditanam di lokasi tersebut. Untuk perawatan tanaman ini bisa disiram setiap pagi atau sore hari atau dalam keadaan tanah yang kering. Karena ditanam dioutdoor,media tanam untuk tanaman ini tanah, sekam padi, dan pupuk kandang.

5. Lidah Gajah


Tanaman ini berasal dari keluarga anthurium atau kuping gajah dengan nama ilmiahAnthurium warocqueanum. Di antara kelima tanaman yang dibahas, tanaman ini yang paling tinggi harganya. Sekarang tanaman ini bisa dijual dengan harga Rp10 juta perdaunnya.

Untuk perawatan tanaman ini cukup disiram dua hingga tiga hari sekali. Hindari paparan sinar matahari langsung untuk tanaman ini karena bisa berakibat gosong daun. Untuk media tanaman ini yaitu sekam padi, humus bambu, andam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1:1.

Sumber: CNBC Indonesia
X
X