Sekilas tentang Calung, Alat Musik Khas Sunda

Notification

×

Iklan

Iklan

Sekilas tentang Calung, Alat Musik Khas Sunda

Kamis | Juli 01, 2021 Last Updated 2021-09-12T06:05:24Z


NUBANDUNG
- Calung biasanya dimainkan bersama dengan alat musik lainnya yaitu angklung yang juga merupakan alat musik khas masyarakat Sunda.


Calung adalah alat musik yang berasal dari tanah Sunda yang telah berkembang sejak lama di daerah Jawa Barat. Calung biasanya dimainkan bersama dengan alat musik lainnya yaitu angklung yang juga merupakan alat musik khas masyarakat Sunda.


Sama seperti angklung yang terbuat dari bambu pilihan, calung terbuat dari bambu berjenis awi wulung dan awi temen. Namun yang membedakan calung dengan angklung adalah cara memainkannya, apabila angklung dimainkan dengan cara di goyangkan sedangkan calung dimainkan dengan cara dipukul.


Jenis calung dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu calung rantay dan calung jinjing. Pada saat memainkan calung rantay pemain biasanya memainkan calung rantay dengan duduk bersila sedangkan calung jinjing pemain menjinjing bambu yang telah dideretkan dan memainkannya sambil berdiri.


Awal mulanya calung dipentaskan untuk mengiringi upacara-upacara adat sunda sebagai ritual perayaan masyarakat Jawa Barat, namun dengan berkembangnya zaman calung berubah fungsi menjadi alat musik yang manghibur masyarakat dengan menghasilkan harmoni yang indah.