Waw Keren! Ada Ikan Cupang Avatar, Nih!

Notification

×

Iklan

Iklan

Waw Keren! Ada Ikan Cupang Avatar, Nih!

Minggu | Juli 25, 2021 Last Updated 2021-07-25T05:13:18Z

NUBANDUNG
 - Ikan cupang avatar namanya. Dengan harga sekitar Rp 1-3 juta per ekor, ikan mungil bercorak langit malam berbintang yang ditimpa nebula ini kian digandrungi orang.

Setelah tren bersepeda melejit pada pertengahan 2019, disusul tanaman hias yang harganya gila-gilaan sepanjang 2020 lalu, pamor ikan cupang juga nggak ketinggalan.

Nggak hanya "ikan laga" lokal, para pehobi juga menggandrungi ikan-ikan cupang impor yang harganya bikin jiwa-jiwa berkantong pas-pasan menjerit.

Dibanderol dengan harga antara Rp 1-3 juta, bahkan lebih, Ikan Cupang Avatar menjadi salah satu "varian" ikan cupang yang belakangan begitu diminati para pehobi ikan hias.

Harganya yang terbilang fantastis untuk ikan seukuran ibu jari orang dewasa ini juga menjadi komoditas yang kerap nangkring di marketplace Tanah Air.

Di pasar internasional, ikan cupang avatar juga acap disebut Black Star Galaxy Betta. "Betta" adalah nama Latin dari ikan air tawar tersebut. Sementara, black star galaxy mengacu pada corak warnanya yang menyerupai ruang angkasa yang gelap tapi dipenuhi titik-titik cahaya laiknya sebuah galaksi.

Sebuah forum cupang di Thailand mengatakan, corak ikan cupang avatar ditemukan oleh Somkiat Intamu, seorang breeder dari penangkaran cupang terkenal di Negeri Gajah Putih. Dia menyilangkan sejumlah ikan cupang hingga mendapatkan corak yang kini dikenal sebagai Dark Blue Avatar atau

Ide membuat corak gelap dengan sedikit warna biru dan bintang-bintang itu terinspirasi dari langit hitam berbintang-bintang dan corak nebula berwarna biru dan hijau. Konon, butuh bertahun-tahun untuk mendapatkan corak tersebut.

Nah, karena warnanya yang didominasi biru dan hitam, sedikit corak hijau, merah, dan kadang kuning, dipadu dengan titik-titik berwarna putih atau biru terang, para pembeli kemudian menyematkan nama "Avatar", terinspirasi dari film fiksi ilmiah Avatar (2009) besutan James Cameron.

Untuk memperoleh corak avatar tersebut, breeder biasanya mengawinsilangkan jenis Black Mamba serta Koi Galaxy.

Jenis Ikan Cupang Avatar


Dalam perkembangannya, ikan cupang avatar nggak cuma dominasi dua warna utama biru dan hitam. Corak ikan cupang jenis ini kian beragam seiring dengan berbagai percobaan yang dilakukan para penangkar ikan cupang.

Berikut ini adalah jenis-jenis ikan cupang avatar yang tengah marak di pasaran:

  1. Ikan Cupang Avatar Blue Black Light (BBL). Ikan ini punya kombinasi hitam dengan warna biru flat, bukannya totol-totol.

  2. Ikan Cupang Avatar Red. Ikan ini punya kombinasi warna hitam dengan totol biru dan semburat merah.

  3. Ikan Cupang Avatar Gordon. Ikan ini memiliki warna hitam dominan dengan semburat kebiruan. Warna merahnya cenderung samar.

  4. Ikan Cupang Avatar Gold. Kombinasi warna ikan ini adalah hitam dan kuning emas yang elegan.


Kendati harganya terus naik, ikan cupang avatar hingga kini tetap digandrungi orang. Bahkan, sejumlah selebritas juga tampak mengoleksi piaraan yang cukup rempong ini.

Namun, demi bisa melihat corak warnanya yang molek, mungkin keluar kocek rada banyak bakal sepadan, sih. Oya, karena banyaknya penipuan, terutama untuk pembelian via daring, ada baiknya kamu lebih teliti sebelum membeli ya!