Notification

×

Iklan

Iklan

Bumi Perkemahan Kaki Gunung Ciremai Kuningan Jawa Barat

Jumat, Agustus 27, 2021 | 13:47 WIB Last Updated 2021-08-28T06:44:27Z


NUBANDUNG
- Obyek-obyek wisata alam dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai di wilayah Kabupaten Kuningan, pada masa libur natal ramai dikunjungi.


Menurut pengelola dan masyarakat di sekitar obyek wisata alam, dalam dua hari terakhir, jumlah pengunjung jauh lebih banyak dibandingkan libur akhir pekan biasa.


Keramaian pengunjung obyek wisata alam dalam kawasan tersebut antara lain terpantau di sejumlah obyek wisata berbasis bumi perkemahan di lereng selatang Gunung Ciremai.


Beberapa di antaranya adalah di Bumi Perkemahan Ipukan, Buper Palutungan, sekitar Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, serta di Buper Tenjolaut, sekitar Desa Babakanmulya, dan di Buper Talaga Surian di sekitar Desa Puncak, Kecamatan Cigugur.


“Jauh lebih ramai dibanding pada suasana libur akhir pekan di hari-hari biasa,” ujar Kusmali, anggota Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kuningan, di Buper Talaga Surian.


Hal itu juga dibenarkan Sekretaris Jenderal manajemen kelompok masyarakat pengelola Buper Talaga Surian Yoyon dan pengurus kelompok pengelola obyek wisata lain di sekitarnya.


Akan tetapi, tingkat keramian pengunjung obyek-obyek wisata alam tidak sampai seramai di suasana libur Idulfitri.




Bahkan pada hari H libur Natal, keramaian pengunjung di obyek-obyek wisata alam tersebut hanya berlangsung pagi hingga siang. Selepas tengah hari hingga sore, obyek-obyek wisata alam itu diguyur hujan.


Meski demikian, saat hujan, banyak juga pengunjung bertahan menikmati suasana alam sambil berteduh dan berfoto.


Obyek-obyek wisata bumi perkemahan yang ada di bawahan lereng Gunung Ciremai, dalam beberapa tahun terakhir bukan hanya menjadi tujuan pengunjung yang hendak berkemah. Justru banyak pengunjung datang untuk sekadar menikmatti suasana alam pegunungan sambil berfoto tanpa berkemah.

X
X