Cara Menanam Bunga Pukul Sembilan

Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Menanam Bunga Pukul Sembilan

Senin, 02 Agustus 2021 | 17:25 WIB Last Updated 2021-08-02T10:25:27Z

NUBANDUNG
– Menanam dan merawat bunga apa pun tidak bisa sembarangan. Salah menanam dan merawat akan berdampak buruk terhadap bunga peliharaan kita. Salah satu bunga yang harus baik cara menanam dan merawatnya adalah bunga pukul sembilan.

Bunga pukul sembilan atau portulaca grandiflora merupakan jenis tanaman hias dengan bunga warna-warni yang indah dan mencolok.

Dinamakan bunga pukul sembilan karena waktu mekarnya bunga seiring dengan rangsangan cahaya matahari yang meninggi sekitar pukul 09.00 WIB. Salah satu jenis Portulaca yang terkenal di Indonesia yakni krokot yang belakangan sering dijadikan sebagai obat herbal.

Namun kehadirannya terkadang diklaim sebagai tumbuhan liar karena pertumbuhannya yang cepat.

Sesuai dengan namanya, karakter tanaman hias ini sangat menyukai sinar matahari, maka lebih cocok ditanam di luar ruangan. Di situs penjualan daring, harga setiap bibitnya berkisar antara Rp5.000 sampai Rp12.000-an saja.

Krokot dapat dikembangbiakan di tanah ataupun dijadikan tanaman gantung. Caranya isikan media tanam pot dengan tanah yang gembur, kotoran domba hasil fermentasi (pupuk organik) dan sekam. Lalu stek tanaman krokot dari indukannya dan tanam di media tanam yang tadi disiapkan.

Siram tanaman secara berkala untuk menjaga tanah tetap lembat, perlu diingat lagi bahwa krokot menyukai cahaya matahari sehingga upayakan menaruhnya di tempat yang terpapar sinar matahari. Jika ditempatkan di tempat minim sinar matahari, lama kelaman batangnya akan membusuk dan mati.

Penanaman di tanah lapang juga dapat dilakukan, caranya persis seperti yang telah dijelaskan. Stek dari batang tanaman dipindahkan ke tanah lapang yang sudah digemburkan.

Hal menarik dari krokot adalah bunganya yang bervariasi, mulai dari merah muda, biru, putih, kuning, dan lainnya.

Meskipun begitu, perawatan krokot tidaklah sulit. Jika ditanam di media yang kecil, setiap 3 bulan sekali perlu adanya pergantian media tanam karena ditakutkan nutrisi tanah habis.

Jika ditanam di pot yang berukuran besar, cukup dilakukan peremajaan dengan memotong batang-batang yang layu atau busuk.

Tanaman hias krokot dapat menjadi alternatif untuk mengisi halaman rumah agar terlihat lebih berwarna dan menarik mata, asal ditempatkan langsung di bawah sinar matahari agar selalu subur dan berbunga banyak.