Notification

×

Iklan

Iklan

Catat! Kalau 7 Buah Ini Disimpan di Kulkas

Selasa, Agustus 03, 2021 | 06:05 WIB Last Updated 2021-08-02T23:05:31Z

NUBANDUNG
– Hampir tiap rumah tangga memiliki kulkas untuk penyimpanan bahan makanan. Selain makanan atau minuman lebih awet, suhu dingin juga membuat makanan lebih nikmat disantap. Namun yang perlu Anda ingat, tidak semua bahan makanan baik disimpan di kulkas.

Biasanya tiap kali berbelanja buah atau memperoleh hampers berupa buah-buahan, kulkas selalu jadi sasaran lokasi penyimpanan. Cek daftar berikut dan lihat kulkas Anda jika ada buah-buahan yang lebih layak diletakkan di dapur atau meja makan dengan suhu ruangan.

1. Jeruk


Jeruk paling baik disimpan di luar kulkas atau suhu ruang. Selain jeruk, ini juga berlaku untuk jenis buah-buahan sitrus lain seperti, lemon, jeruk nipis, dan jeruk Bali. Mengutip dari Love Food, jenis buah-buahan sitrus paling baik dikonsumsi dalam 2 minggu. Namun jika tidak memungkinkan untuk dihabiskan dalam 2 minggu, Anda bisa menyimpannya di kulkas. Bungkus buah dalam plastik dan letakkan pada laci buah dan sayur di kulkas paling bawah.

2. Alpukat


Alpukat kerap jadi rujukan sumber lemak sehat selain minyak zaitun. Menyimpannya di suhu ruang atau di luar kulkas akan membantu alpukat cepat matang.

Melansir dari Food Network, jika Anda kebetulan memperoleh alpukat dalam kondisi sudah matang dan tidak berencana mengonsumsinya langsung, alpukat bisa disimpan di kulkas. Alpukat pun masih bisa bertahan selama beberapa hari.

3. Semangka


Siapa yang akan menolak semangka manis dan dingin? Mungkin memotong semangka atau melon lalu memasukkannya ke kulkas adalah ide terbaik. Anda menghemat penggunaan ruang di kulkas dan menyantap buah ini pun tak merepotkan.

Namun kenyataannya, penelitian USDA menemukan bahwa penyimpanan semangka dan melon pada suhu ruang membantu menjaga kandungan antioksidan lebih utuh. Sebaiknya simpan melon dan semangka dalam kondisi utuh, baru kemudian diiris saat akan disantap. Jika sudah dalam kondisi terpotong, sebaiknya buah disimpan di kulkas dalam kondisi terbungkus maksimal 3-4 hari.

4. Mangga


Mangga juga termasuk buah yang paling baik disimpan di suhu ruangan. Tak hanya mangga, jenis buah-buahan tropis lain seperti kiwi dan nanas juga sebaiknya tidak Anda simpan di kulkas. Melansir dari Eat This, Not That!, metode penyimpanan ini mengikuti suhu lokasi mereka tumbuh yakni lingkungan tropis atau hangat.

Akan tetapi bukan berarti menyimpan buah-buahan ini di kulkas jadi sesuatu yang 'haram' dilakukan. Jika Anda ingin menyantapnya beberapa hari lagi, sebaiknya kupas dan potong buah, taruh di wadah yang tertutup rapat lalu simpan di freezer.

5. Apel


Melansir dari Delish, apel bakal baik-baik saja meski tidak disimpan di kulkas. Apel bakal tetap segar selama seminggu lebih. Namun jika Anda ingin membuatnya awet lebih lama, sebaiknya letakkan di kulkas. Suhu dingin akan menjaga apel tetap renyah dan mencegahnya jadi kisut.

6. Persik


Menyimpan buah persik di kulkas justru membuatnya lama matang. Simpan di suhu ruang dan persik akan cepat matang. Mengutip dari Bon Appetit, aturan ini juga berlaku untuk jenis 'stone fruit' seperti plum dan ceri. Suhu dingin kulkas akan membuat buah-buahan ini akan bertekstur seperti tepung dan agak keras. Padahal buah-buahan ini nikmat disantap saat teksturnya lembut dan penuh air.

7. Pisang


Jaga pisang tetap segar dengan menyimpannya di luar kulkas. Pisang akan tetap awet jika bagian pangkal buah dibungkus dengan plastik untuk menghentikan buah mengeluarkan gas etilen yang mana mempercepat proses pematangan.

Sumber: CNN Indonesia
X
X