Notification

×

Iklan

Iklan

Kembangkan Penulisan Karya Ilmiah, Teknik Elektro UIN Bandung Gelar Webinar Nasional Pelatihan LaTex

Selasa, Agustus 17, 2021 | 10:32 WIB Last Updated 2021-08-19T08:40:43Z


NUBANDUNG 
- Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Webinar Pelatihan Dasar LaTex dengan narasumber Dr. Koredianto Usman dari Telkom University yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin, (16/8/2021).


Dalam laporannya, Ketua penyelenggara Eki Ahmad Zaki Hamidi, MT menyampaikan kegiatan ini dihadiri 102 peserta dari 45 instansi yang berbeda dari seluruh wilayah Indonesia. "Webinar ini dilaksanakan dalam rangka  realisasi program kerja dari Jurusan Teknik Elektro dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan sehingga dapat menunjang dan mengembangkan kemampuan dalam penulisan karya ilmiah," tegasnya.


Menurutnya, kegiatan Webinar ini merupakan program kerja Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2021, "Alhamdulillah mendapat respon postif dari kalangan akademisi, professional dan praktisi, dengan banyaknya peserta yang mendaftarkan diri menjadi peserta webinar nasional ini," jelasnya.


Ketua Jurusan Teknik Elektro, Nanang Ismail, MT menuturkan bahwa dipilihnya tema Pelatihan Dasar LaTex karena pelatihan ini sangat penting untuk membantu dalam berbagai karya tulis baik buku, paper, skripsi dan lainnya.


Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB dengan durasi kurang lebih 120 menit. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-quran dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Hymne UIN  serta laporan dari ketua pelaksana. Webinar dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Dr. Hasniah Aliah, M.Si.


Dalam sambutannya Dekan FST sangat mendukung kegiatan ini, "karena dapat memberikan pencerahan kepada para peneliti dan penggiat karya ilmiah agar mampu menghasilkan tulisan yang rapi dan terstuktur," tandasnya.


Pelatihan webinar diawali dengan penjelasan struktur karya ilmiah, yang dilanjutkan dengan pengenalan aplikasi LatTex. Materi tentang LaTex tidak hanya sebatas penyampaian materi secara teori,  tetapi narasumber mengajak seluruh peserta untuk dapat ikut mencoba aplikasi tersebut.


Antusiasme  peserta sangat tinggi untuk  mengikuti kegiatan ini, terlihat dari peserta yang tetap stay di room serta banyaknya pertanyaan yang di berikan untuk narasumber seputar karya ilmiah dan LaTex baik pertanyaan langsung maupun dari chat.


Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan webinar pelatihan ini, dimana para peserta memberikan penilaian yang baik berdasarkan hasil angket yang diberikan.


Selain itu para peserta banyak yang mengharapkan bahwa kegiatan ini bisa diadakan kembali sebagai lanjutan dari pelatihan ini sehingga lebih mahir dalam penggunaan LaTex. Kegiatan ditutup oleh pembagian doorprize berupa merchandise dari panitia kepada peserta yang beruntung, dan pemenangnya dari UIN SMH Banten, Untirta Banten, UPI Bandung dan UGJ Cirebon.

X
X