Pletokan, Permainan Tradisional Khas Indonesia yang Sarat Makna

Notification

×

Iklan

Iklan

Pletokan, Permainan Tradisional Khas Indonesia yang Sarat Makna

Kamis, 23 Desember 2021 | 11:41 WIB Last Updated 2021-12-23T04:41:47Z


NUBANDUNG
- Rumah Digital Indonesia (RDI) menyediakan berbagai wadah berkreasi bagi masyarakat secara virtual untuk memeriahkan bulan kemerdekaan selama Agustus 2021.


Selain ruang panggung hiburan dan arena lomba 17-an, Anda juga bisa sambil belajar mengenal berbagai sejarah di Indonesia, mulai dari permainan tradisional.


Permainan tradisional merupakan salah satu unsur budaya yang patut dilestarikan. Selain mengasyikkan, permainan tradisional Indonesia juga menyiratkan makna dan manfaat bagi para pemainnya.


Kali ini, Rumah Digital Indonesia menampilkan tayangan permainan tradisional pletokan. Disebut demikian karena bunyi yang dihasilkan dari permainan pletokan berbunyi 'pletok'.


Pletokan memiliki istilah lain di berbagai penjuru Indonesia, seperti di tanah Sunda menyebutnya bebeletokan, di Madura tor-cetoran, dan masih banyak lagi.


Rumah Digital Indonesia mengenalkan budaya Indonesia lewat permainan tradisional pletokan yang mencerminkan spirit perlawanan terhadap penjajah.


Terlepas dari keragaman nama, permainan pletokan bambu ini sarat akan filosofi terkait peperangan zaman Belanda karena yang menjadi senjata andalan melawan penjajah terbuat dari bambu.


Sekarang, pletokan masih cukup eksis di beberapa wilayah dan dilestarikan sebagai permainan tradisional khas Indonesia.


Senjata mainan pletokan dibuat dari bambu tua berukuran kecil diameter lubang 1-3 cm. Untuk pelurunya menggunakan bola kertas yang dibasahi terlebih dulu atau biji jambu air.


Konsep memainkan pletokan disarankan beregu supaya bisa membentuk dua kubu yang seolah-olah seperti sedang bertempur di medan perang.


Strategi yang diperlukan dalam bermain pletokan adalah kerja sama antarkelompok karena masing-masing kubu ingin menjatuhkan musuh dengan serangan peluru.


Penasaran dengan keseruan permainan tradisional pletokan serta cara membuatnya? Yuk, nonton videonya di Rumah Digital Indonesia, www.rumahdigitalindonesia.id.


Kamu bisa memilih peta dan klik Ruang Seni dan Budaya, lalu pilih Pentas Nusantara. Video Historie of Art, Game of Pletokan.


Selain sajian pentas nusantara, masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja.


Bahkan seluruh masyarakat bisa berpartisipasi mengirimkan karyanya. Untuk informasi lengkap dapat lihat di Instagram @rumahdigitalindonesia.id.