Notification

×

Iklan

Iklan

Doa yang Dipanjatkan Nabi Muhammad SAW untuk Membuka Pintu Rezeki

Rabu, September 15, 2021 | 08:30 WIB Last Updated 2021-09-15T01:30:00Z


NUBANDUNG
- Berikut ini ada bacaan doa pembuka rezeki yang sering Nabi Muhammad SAW ucapkan. Doa memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan seorang muslim.


Ibnu Qoyyim rahimahullah berkata, "Doa adalah sebab terkuat bagi seseorang agar bisa selamat dari hal yang tidak ia sukai dan sebab utama meraih hal yang diinginkan."


Mengutip laman suara.com, manusia bebas meminta apa saja saat berdoa. Tidak hanya untuk urusan di akhirat, kelancaran urusan di dunia pun juga perlu diselipkan dalam setiap doa kita, termasuk doa pembuka rezeki.


Ini doa pembuka rezeki yang sering diucapkan Nabi Muhammad SAW, agar kita diberi kemudahan dalam mencari dan mendapatkan rezeki.


Untuk memohon kemudahan rezeki, Anda bisa membaca doa pembuka rezeki yang sering diucapkan Nabi Muhammad SAW lakukan tatkala salat Subuh setelah salam berikut ini: "Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa." 


Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad).


Hadis dari ‘Ali juga menyebutkan, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah mengajarkan doa pembuka rezeki berikut ini, "Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak."


Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).


Lalu, dari Thoriq bin Asy-yam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan pada beliau salat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do’a berikut: “Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii (Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku).” (HR. Muslim).


Dalam riwayat lain, dari Thariq, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan ketika itu beliau didatangi seorang laki-laki, yang kemudian laki-laki tersebut berkata,


“Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu." (HR. Muslim).


Itulah doa pembuka rezeki yang sering dipanjatkan Nabi Muhammad SAW ucapkan. Iringi doa pembuka rezeki tersebut dengan berusaha dan berikhtiar di jalan Allah SWT.

X
X