Dadang Supriatna Minta KNPI Kabupaten Bandung Beri Gagasan untuk Kemajuan Daerah

Notification

×

Iklan

Iklan

Dadang Supriatna Minta KNPI Kabupaten Bandung Beri Gagasan untuk Kemajuan Daerah

Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:16 WIB Last Updated 2021-10-27T08:16:13Z


NUBANDUNG
– Bupati Bandung HM Dadang Supriatna meminta kepada pemuda-pemudi, khususnya yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk turut menyumbang ide dan pemikiran untuk kemajuan Kabupaten Bandung.


Menurutnya peran pemuda sangat dibutuhkan, terlebih Indonesia akan menyambut bonus demografi, di mana jumlah masyarakat usia produktif lebih banyak daripada nonproduktif.


Bupati Bandung menyerukan KNPI Kabupaten Bandung untuk bangkit dan tumbuh menjadi pemuda pelopor. Terlebih KNPI menurutnya merupakan kawah candradimuka para pemimpin di masa yang akan datang.


“Saya minta KNPI ini bangkit. Saya tunggu KNPI untuk memberikan ide, gagasan untuk kemajuan Kabupaten Bandung. Silahkan sampaikan kepada Pemkab Bandung,” kata bupati saat Peringatan Sumpah Pemudake-93, di GBS Soreang, Selasa (26/10/21).


Kang DS, sapaan Dadang Supriatna juga meminta agar KNPI rutin menggelar diskusi minimal sebulan sekali, untuk membahas seputar permasalahan di Kabupaten Bandung.


“Apalagi kalau bicara bingkai KNPI ini, merupakan komite, panitia, dari perkumpulan 32 organisasi kepemudaan (OKP) yang berkumpul dan bergabung di KNPI Kabupaten Bandung. Silahkan ajak mereka untuk berdiskusi bertukar pikiran untuk membedah persoalan-persoalan di Kabupaten Bandung,” imbuhnya.


Hasil dari diskusi tersebut, harus ditindaklanjut dengan implementasi program sesuai bidangnya masing-masing. Bisa di bidang ekonomi, sosial, budaya, pertanian, bahkan juga politik. Sebab menurutnya, KNPI sendiri punya struktur organisasi yang lengkap, bahkan menyerupai miniatur legislatif atau DPRD.


Karenanya Kang DS mempersilahkan KNPI Kabupaten Bandung untuk bekerjasama dengan tiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bandung.


“Saya siap membuka ruang untuk generasi penerus bangsa ini. Asalkan ada kemauan. Silahkan KNPI berkolaborasi, buat MoU dengan OPD Pemkab Bandung sesuai bidang yang ada di KNPI. Buat programnya dan diimplementasikan secara profesional, ada outcome dan output-nya,” ujarnya.


Kang DS juga meminta KNPI untuk turut andil dalam vaksinasi Covid-19, turut membangkitkan UKM dan ekonomi kreatif untuk mengurangi pengangguran di kalangan pemuda melalui program pelatihan kewirausahaan.


“Jadi sekali lagi, saya minta masukan-masukan dari teman-teman KNPI. Sampaikan kepada saya terkait program-program apa saja yang harus kita lakukan untuk kemajuan Kabupaten Bandung,” kata mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung dua periode ini.


Bupati Bandung HM Dadang Supriatna saat Peringatan Sumpah Pemuda ke-93, di GBS Soreang, Selasa (26/10/21). Ia pun mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda dan berharap pemuda bisa menjadi pelopor di masa yang akan datang.


Pada kesempatan itu disampaikan pula penganugerahan dan apresiasi kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Supriatna dengnan Anugerah Perempuan Inspiratif. Apresiasi juga diberikan kepada mitra kerja KNPI Kabupaten Bandung kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab Bandung.


KNPI Kabupaten Bandung juga menyerahkan anugerah Hasil Karya Pemuda Kabupaten Bandung, Pemuda Penggerak Desa Digital berupa Aplikasi Pelayanan Publik di Desa Ibun. Di bidang pertanian ada Pemuda Penggagas Kampung Jamur Mandiri Energi, Pemuda Wirausaha dan Pemuda Penggiat Pendidikan dan Literasi Digital.