Sejarah dan 8 Fasilitas Menarik di Dago Tea House Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Sejarah dan 8 Fasilitas Menarik di Dago Tea House Bandung

Kamis | Oktober 21, 2021 Last Updated 2021-10-21T07:30:31Z


NUBANDUNG
- Dago Tea House merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan Bandung Utara. Dago tea house (rumah teh dago) adalah tempat bersejarah yang dijadikan sebagai tempat minum teh para Kolonial Belanda.


Setelah melewati proses yang panjang, Dago Tea House kemudian menjadi ikon rumah budaya bagi Provinsi Jawa Barat.


Bandung utara merupakan dataran tinggi sehingga udara disekitar menjadi sejuk yang menjadikan objek wisata paling eksotis. Bagi pecinta kuliner Kamu juga bisa berkunjung ke sini untuk menikmati masakan kuliner khas Bandung Jawa Barat.


Tak hanya Dago Tea House, Kamu juga bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata lain seperti Tebing Keraton yang lokasinya dekat dengan Dago Pakar serta Curug Dago.


Bagi yang ingin berwisata malam di Bandung, Kamu bisa berkunjung ke salah satu wisata favorit Bukit Bintang, yang mana pada malam hari menghasilkan spot romantis.


Di tahun 1970, Dirjen kebudayaan Depdikbud menjadi terinspirasi oleh kebudayaan di luar negeri sehingga berniat untuk membangun sebuah pusat kebudayaan sekaligus kesenian yang terus berkembang.


Dengan syarat, pusat kebudayaan tersebut harus didukung oleh sarana dan prasarana yang sangat memadai misalnya, gedung pertunjukan, galeri seni, teater terbuka dan ruang workshop.


Setelah melalui proses yang panjang tersebut, Dago Tea House berhasil mendapatkan impian itu.


Sebagai tempat wisata terpadu, Dago mempunyai berbagai fasilitas menarik seperti:


1. Arena Panggung Terbuka


Panggung ini terdiri dari dua buah tribun yang kapasitasnya mencapai lebih dari seribu  orang. Arena Panggung Terbuka digunakan untuk pertunjukan teater pentas seni tradisional khas Jawa Barat.


Tak jarang kalau sering digunakan untuk jaipongan, karawitan, angklung, pantun bubun, sandiwara, tembang sunda, kuda lumping wayang golek dan pertunjukan lainnya.


2. Teater Tertutup


Wahana ini sering menampilkan atraksi pertunjukan music dan juga film sehingga sangat cocok untuk Kamu pecinta film dan musisi. Bahkan wahana tersebut juga menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda di Bandung.


3. Teater Taman


Dago Tea House juga mempunyai wahana Teater Taman. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan sambil menikmati keindahan alam.


4. Gallery Pameran


Gallery Pameran sering digunakan sebagai tempat pameran seni rupa, lomba dan diskupi. Gallery terdiri dari dua buah ruangan yaitu depan dan di belakang. Dulu galeri ini dikenal dengan “roemah teh”


5. Sanggar Seni Tari


Wahana ini digunakan khusus untuk pelatihan tari Jawa Barat (jaipongan). Bagi kamu yang suka dengan seni tari dan ingin berlatih dapat berkunjung ke sini.


6. Perpustakaan


Kamu yang gemar membaca perpustakaan menjadi tempat paling dibutuhkan bukan? Ya, Dago Tea House juga menyediakan ladang buku yang bisa Kamu kunjungi. Perpustakaan ini mengoleksi beragam jenis buku tentang seni dan budaya.


7. Guest House


Objek wisata tak jauh dari penginapan. Kamu yang seharian berjalan juga bisa memanfaatkan fasilitas ini. Dago Tea House menyediakan tempat peristirahatan untuk para pengunjung Taman Budaya Bandung Jawa Barat.


8. Cindera Mata


Kamu juga bisa mengkoleksi beragam cindera mata, baik kerajinan tangan, lukisan, wayang golek dan lain sebagainya.