Yuk Main di Teras Sunda Cibiru Biar Tahu 6 Bangunan Unik

Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Main di Teras Sunda Cibiru Biar Tahu 6 Bangunan Unik

Kamis, 04 Mei 2023 | 11:23 WIB Last Updated 2023-05-04T09:24:18Z

 


NUBANDUNG.ID-Teras Sunda Cibiru merupakan tempat wisata berbasis seni dan budaya di Kota Bandung. Lokasinya di Jalan AH. Nasution (Cipadung Raya), Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.


Dari arah Cicaheum, Teras Sunda Cibiru ada di sebelah kiri jalan, sebelum Bunderan Cibiru. Sebaliknya, dari arah Bunderan Cibiru atau Kampus UIN Bandung, Teras Sunda Ciburu ada di sebelah kanan, sebelum Borma Cipadung.


Dilansir dai laman Bandung Aktual dijelaskan Teras Sunda Bandung secara fisik merupakan sebuah bangunan. Dibangun tahun 2017, objek wisata ini diresmikan 31 Oktober 2018) oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial.


Bangunan ini dimasksudkan sebagai laboratorium budaya kesenian dan seniman Kota Bandung sekaligus ruang promosi seni dan budaya Sunda. Pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis ketika berkunjung ke Teras Sunda Cibiru.


Fasilitas Teras Sunda Cibiru


Di tempat dengan luas 5.600 meter persegi ini, berbagai fasilitas disediakan. Sejumlah ruang disiapkan untuk menggelar acara seni, seperti ruang pembuatan alat, galeri, tempat pentas seni, mushola, dan tempat parkir bawah tanah.


Ada enam bangunan khas Sunda yang konstruksinya didominasi oleh material bambu untuk menunjukkan jati diri budaya Sunda.


Keenam bangunan tersebut terdiri dari satu bangunan utama yang berfungsi sebagi aula dan amphiteater. Bangunan lainnya berfungsi sebagai galeri, ruangan pembuatan alat-alat kesenian, mushala, pendopo dan galeri penjualan suvenir.


Di kompleks kesenian Teras Sunda Cibiru, terdapat sebuah tugu dengan tinggi sekitar 10 meter yang berbentuk menyerupai bambu runcing. Ada pula kolam kecil untuk bermain air di pelataran taman.


Teras Sunda Cibiru juga digunakan sebagai kantor RW dan toko koperasi warga setempat.


Berbagai kegiatan menyangkut seni dan khususnya kebudayaan tanah Sunda sering digelar di Teras Sunda Cibiru, mulai dari pertunjukan pagelaran seni tari, seni lukis, seni musik, seni reak, benjang, wayang, pencak silat, dan kesenian-kesenian lainnya.


Sejarah Teras Sunda Cibiru


Operational harian Teras Sunda Bandung dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Padepokan Seni, Kreativitas dan Kebudayaan (UPT PSKK) langsung di bawah koordinasi atau supervisi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung.


Pembangunan kawasan dilahan seluas sekitar 5.600m2 ini memanfaatkan lahan bersamaan dengan Tugu Pahlawan.


Lokasi Teras Sunda Cibiru terletak di pinggir jalan nasional A.H.Nasution atau jalan Raya Cipadung. Lokasinya sendiri cukup mudah untuk ditemukan dan terbilang lokasi yang strategis, karena lokasi berdekatan dengan beberapa tempat pembelanjaan yang cukup populer, seperti Borma Cipadung, Transmart Cipadung, juga kampus UIN SGD Bandung dan Bunderan Cibiru.*