4 Fakta Unik dari Band Rock Voice of Baceprot

Notification

×

Iklan

Iklan

4 Fakta Unik dari Band Rock Voice of Baceprot

Rabu | November 03, 2021 Last Updated 2021-11-03T05:09:33Z

 


GARUTAN
 - Berbagai media lokal dan nasional tengah ramai mengangkat perjalanan grup band rock asal Garut yang pada akhir bulan ini akan manggung di 4 negara Eropa. Nama grup band tersebut cukup unik, khas dan  menggelikan, namanya Voice of Baceprot (VoB). 


Seperti dilansir dari detik.com, VoB bakal mengadakan konser ke Eropa dengan tajuk Fight Dream Believe: European Tour 2021 di 8 kota di Belanda, Belgia, Prancis, dan Swiss (29/10/2021).


Sebagai orang Garut ada rasa kebanggaan tersendiri dalam diri. Meski saya tidak pernah bertemu batang hidung mereka sesentipun. Mungkin warga Garut lainnya juga punya perasaan yang sama seperti saya. 


Saya baru tahu 2-3 hari lalu setelah media-media nasional dan Menparekraf Sandiaga Uno ramai membicarakan pencapaian VoB ini.


Menurut saya terdapat beberapa hal yang unik dan menggelitik saat pertama kali saya mendengar dan melihat penampilan VoB ini. Diantaranya sebagai berikut: 


1. Berasal dari Garut


Garut sering dijuluki berbagai kota, misalnya "Kota Intan", "Swish Van Java" dan baru-baru ini dipajang di bunderan Tarogong dengan tagline "Kota Dodol". Bila saya perhatikan tidak banyak grup band yang muncul dari Kota Dodol ini. 


Biasanya grup band lahir di daerah Bandung. Kota ini memang potensial melahirkan band-band mulai lokal hingga  nasional. Karena didukung iklim dan fasilitas musik yang lebih baik dibanding di Garut.


Sementara Garut lebih terkenal dengan makanan khasnya, dodol. Juga wisata alam dan budayanya. Stereotipe publik pun selama ini melihat Garut sebagai daerah yang identik sebagai orang desa/kampung. 


Seperti yang sering dimunculkan dalam peran-peran yang bertugas menjadi orang Garut di Televisi. 


Munculnya VoB merupakan isyarat bahwa warga Garut juga punya selera musik yang beragam. Salah satunya yang dibawakan VoB. Warga garut punya wawasan kosmopolit yang tidak kalah jauhnya dengan orang dari kota-kota besar lainnya di Indonesia.


2. Memakai Hijab


VoB sebagai grup band beraliran musik rock bila diperhatikan dari sisi penampilan sangat unik sekaligus gagah karena bisa mendobrak opini publik. Penampilannya yang mengenakan hijab adalah daya jual tersendiri grup band rock ini. 


Kita sudah biasa melihat grup band berbusana Islami ketika menyanyikan lagu nasyid atau religi. Namun melihat VoB dengan busana Muslimnya yang mengumandangkan lagu rock sekali lagi bukanlah hal biasa. Sehingga ini membuat VoB punya keunikan tersendiri yang berhasil memikat hati publik. Bahkan hati menteri Sandi Uno.


Busana yang dikenakan juga memberi pesan dakwah bahwa Islam tidak anti seni budaya. Dalam hal ini seni musik. VoB yang sebentar lagi manggung di Eropa paling tidak sedikitnya bisa merubah citra Islam di mata Barat walaupun kita sebagai orang Islam tidak terlalu peduli orang Barat mau berkata buruk apa tentang Islam. 


Namun dakwah lewat seni terbukti sedikitnya bisa dilihat dulu walau misal ujungnya mereka belum tentu tertarik dengan ajaran Islam itu sendiri.


3. Lahir Dari Madrasah


Ini juga cukup unik. Bukan hal baru bila muncul nama mentereng dari sekolah musik atau komunitas musik/sanggar seni musik. VoB menurut keterangan para personelnya lahir karena ketengilan mereka yang suka "tatalu" di kelasnya. 


Tatalu adalah memukul-mukul meja seperti memukul alat musik. Mereka dipersatukan oleh guru BK yang sukses megolah potensi murid-muridnya itu. Ditambah bukan dari sekolah umum, tapi dari madrasah yang selama ini dianggap biasa-biasa saja terutama dari sisi pengembangan seni musik.


Menurut penulis guru dan fungsi BK yang membentuk VoB ini merupakan teladan yang bisa ditiru guru BK lainnya. Memang seharusnya fungsi BK di sekolah itu ya seperti itu. 


Menemukan kecerdasan dan potensi murid sesuai dengan bidangnya. BK itu bukan hanya menghukum mereka yang telat upacara atau bajunya ketat dan celana ngatung.


4. Aspek Penamaan Grup Band


Nama grup band ini juga unik, Voice of Baceprot. Memadukan Barat dan Sunda. Pesannya untuk kita yaitu agar tetap mencintai bahasa dan budaya yang dimiliki sekalipun masuknya budaya luar. 


Biasanya grup rock paling tidak full namanya kebarat-baratan. Ini yang membedakan grup band asal Garut ini sehingga punya khas yang berbeda dengan yang lainnya dari unsur penamaannya misalnya. 


Saya pikir cukup sekian, sukses untuk VoB, kami warga Garut bangga!


By: Rafi Tajdidul Haq