10 Jenis Ikan Hias Ini Jadikan Akuarium Anda Penuh Warna

Notification

×

Iklan

Iklan

10 Jenis Ikan Hias Ini Jadikan Akuarium Anda Penuh Warna

Minggu, 10 April 2022 | 11:14 WIB Last Updated 2022-04-10T04:14:03Z


NUBANDUNG.ID
-- Memelihara ikan hias di akuarium memang punya kesan tersendiri terutama bagi yang menggemari ikan kecil warna-warni. Siapa sangka, ikan-ikan mungil nan indah tersebut sering kali mencuri perhatian tamu yang berkunjung ke rumah kita, bukan?


Ya, selain bentuknya yang lucu-lucu juga tubuhnya berhias warna yang memanjakan mata. Belum lagi karakter “si iki” yang lincah dan kerap berenang secara berkelompok. Lengkap sudah jika kita pun pandai memeliharanya yang demikian mudah.


Jika masih mencari referensi ikan apa saja yang pantas dipelihara untuk menambah hiasan di rumah, berikut referensinya.


1. Cupang


Cupang punya penggemar tersendiri karena termasuk ikan adu. Di luar itu, ikan ini punya jenis dan warna yang indah dan beragam. Keindahannya sungguh mengagumkan terutama dari tubuh bagian ekor dan siripnya.


2. Molly


Gendut mungil, inilah salah satu cirinya. Molly termasuk ikan yang tumbuh sampai 4 inci saja. Bentuknya yang lucu kerap menggemaskan bukan? Ya, warnanya juga beragam, mulai dari polos solid hingga motif bintik-bintik.


3. Guppy


Tak salah lagi, guppy tercatat sebagai ikan hias dengan jutaan penggemar. Ikan yang mudah beradaptasi di berbagai kondisi air ini punya karakter yang mengagumkan. Warnanya yang indah juga menjadi pesona ikan ini untuk dipelihara.


4. Neon Tetra


Ikan neon tetra punya warna terang dan berkilau, seperi terang lampu neon. Oleh karena itulah, ikan ini bisa lebih terlihat sekalipun dalam akuarium yang agak gelap. Umumnya, jenis ikan ini punya garis horizontal berwarna biru dan merah.


5. Platy


Bentuknya memang kecil, tetapi ikan ini tergolong sangat aktif dan gemar bergerombol. Kelincahan platy di akuarium adakalanya menjadi pertunjukan yang seru apalagi ditempatkan bersama ikan bersahabat lainnya, seperti molly dan guppy.


6. Discus


Habitat aslinya di kawasan Sungai Amazon, Brasil. Discus punya pola garis warna yang indah dan unik yang fungsinya sebagai sistem mekanisme pertahanan diri dari predator. Di pasaran, ikan ini cukup menarik peminat berkantong tebal.


7. Corydoras


Sepintas mirip ikan sapu, tetapi bukan kawannya meski suka memakan kotoran dan makanan sisa. Corydoras dari Amazon ini umumnya berenang di dasar akuarium. Terlebih, jika dasar akuarium menggunakan pasir dan ini memang favoritnya.


8. Rainbowfish


Ikan yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Australia ini bisa tumbuh mencapai 6 inci. Jika Anda memelihara ikan ini dari anakan, perlu diketahui bahwa warnanya baru muncul ketika beranjak dewasa. Makin dewasa warnanya makin solid dan indah.


9. Black Ghost


Sesuai namanya, ikan ini didominasi warna hitam. Apa yang membuat black ghost banyak peminatnya adalah soal gerakannya. Ikan ini pandai menari balet di akuarium, berenang maju dan mundur juga sering kali diperlihatkan dengan kelenturannya.


10. Botia


Botia termasuk jenis ikan nokturnal yang aktif sekaligus menjadi salah satu pesonanya. Tampilannya yang unik sangat cocok menjadi penghuni akuarium kita di rumah. Hitam, merah dan kuning emas mendominasi tubuh salah satu jenis “si Lucu”.


Itulah 10 jenis ikan hias kecil yang cocok dipelihara di akuarium di rumah. Harga per ekornya juga terbilang relatif terjangkau dan tidak membuat kantong kering. Tentunya, masih banyak ikan hias yang bisa menjadi penghuni akuarium kita, termasuk ikan arwana.