Ingin Jadi Mahasiswa Inspiratif, Ikuti Jejak Daffa yang Rajin Nulis di Jurnal Terakreditasi

Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin Jadi Mahasiswa Inspiratif, Ikuti Jejak Daffa yang Rajin Nulis di Jurnal Terakreditasi

Rabu, 22 Juni 2022 | 13:42 WIB Last Updated 2022-06-22T11:15:26Z

NUBANDUNG.ID - Orang yang memberikan tauladan untuk orang lain layak disebut sosok inspiratif. Seperti sosok muda mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

 

Baru saja artikel ilmiah miliknya tembus di jurnal terakreditasi nasional Sinta 3. Artikelnya berjudul “Analysis of Hadith Understanding of Social Media Phenomena as A Communication Tool in The Digital Era” terbit di jurnal ilmiah Riwayah Volume 8 No.1 Tahun 2022.
 

Jurnal Riwayah merupkan penerbitan artikel ilmiah berdedikasi. Jurnal ini sedang mengupayakan index Sinta 2 bahkan index internasional reputasi global. Jurnal ini melibatkan dua reviewer untuk setiap artikel yang diterima untuk diterbitkan. Juga naskah artikel diharuskan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Arab.
 

Nama lengkapnya Muhammad Daffa, mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin. Ia mulai latihan menulis artikel di semester 2 pada tahun 2021. Di tahun 2022 ini, ia merupakan mahasiswa aktif semester 6. "Saya kirim artikel ke jurnal sejak 5 bulan yang lalu hingga mendapat respon dari editor untuk revisi dan translate ke dalama bahasa asing," tutur Muhammad Daffa saat dikonfirmasi melalui pesan WhatApp, Rabu (22/06/2022).

 
Selain artikel di atas, Muhammad Daffa telah menerbitkan sejumlah artikel di jurnal ilmiah. Antara lain “Solusi Pengolahan Sampah dalam Problem Pencemaran Bumi untuk Kebersihan Lingkungan Hidup: Studi Syarah Hadis,” Jurnal Riset Agama 2021 dan “Takhrij and Syarah Hadith of Chemistry: Benefits of Honey for Health in the Study of Hadith and Chemical Perspective,” Proceedings Conference on Chemistry and Hadith Studies 2021.
 

Saat ini, mahasiswa tengah menggeliat dalam latihan penulisan artikel untuk capaian publikasi ilmiah. “Semoga jejak ini menjadi inspirasi besar dalam penguatan keterampilan penulisan akademik,” ungkap Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jln. AH. Nasution 105 Bandung, Rabu, (22/06/2022)