Membanggakan! Seni Reak Sunda Juarta Putra Tampil di Denmark

Notification

×

Iklan

Iklan

Membanggakan! Seni Reak Sunda Juarta Putra Tampil di Denmark

Jumat, 24 Juni 2022 | 16:03 WIB Last Updated 2022-06-24T09:03:47Z


NUBANDUNG.ID - Delapan seniman reak Juarta Putra dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, diundang tampil di Festival Musik Roskilde di Denmark pada 26 Juni-2 Juli 2022.
 


Selain reak Sunda, sejumlah musisi ternama dunia seperti Post Malone, Dua Lipa, TLC, The Smile, The Strokes, pun turut tampil di festival tersebut.


"Sebuah kebanggaan luar biasa, seni reak Juarta Putra mendapatkan kesempatan untuk mementaskan tradisi Indonesia khususnya Jawa Barat pada Festival Musik Roskilde yang diadakan di Denmark bersama jajaran artis legendaris dunia," kata Anggi Nugraha selaku ketua grup seni reak Juarta Putra, Kamis (23/6/2022).


Festival Roskilde merupakan acara musik terbesar di Denmark dan salah satu yang terbesar di Eropa. Festival tersebut merupakan festival non-profit yang dimulai dari dua orang mahasiswa pada tahun 1971 di Denmark yang hingga kini terus menghasilkan jutaan dolar donasi untuk budaya, musik dan kemanusiaan.


Para seniman reak Juarta Putra akan tampil di hari yang sama dengan The Strokes, St Vincent, Haim, Kings of Convenience pada 2 Juli 2022. Mereka akan berkolaborasi dengan musisi cultural movement dari Denmark yang tergabung dalam kelompok Snöleoparden, dan dari Luigi, seniman dari Italia. 


"Selain tampil di panggung Roskilde, Juarta Putra juga akan mengadakan pertemuan dengan seniman-seniman Denmark untuk dapat berkolaborasi lebih lanjut sebagai sebuah pergerakan budaya lintas benua," ujar Anggi. 


Seni reak, tutur Anggi, merupakan sebuah kesenian Sunda yang hidup di antara masyarakat agraris, khususnya petani yang mayoritas menanam padi. Awalnya, seni tersebut merupakan pengiring upacara yang disebut "helaran reumpak jarami, ampih pare (arak-arakan jerami untuk menyimpan padi)".


Yakni upacara yang dilakukan ketika para petani memindahkan padi dari sawah ke tempat penyimpanan padi (leuit) atau disimpan ke rumah.


"Instrumen pengiring yang digunakan Juarta Putra adalah seperangkat alat musik dogdog yang terdiri dari tilingtit, tong, brung, dan bangplak, bedug, kecrek, serta tarompet," tutur Anggi. 


Selain itu, sajian kesenian itu juga dilengkapi oleh penari barongan dan penari kuda lumping yang biasanya tampil dalam keadaan kerasukan atau kesurupan. 


Juarta Putra, kata Anggi, berdiri sejak 1982. Seniman yang tergabung dalam Juarta Putra saat ini merupakan generasi penerus dari kelompok sebelumnya yakni Warga Budaya (1935-1975) yang dipimpin oleh Abah Juarta. 


"Saat ini Juarta Putra beranggotakan 30 orang," ucap Anggi.