3 Jenis Panganan Khas Bandung Ini Bikin Ketagihan, Lho!

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Jenis Panganan Khas Bandung Ini Bikin Ketagihan, Lho!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:30 WIB Last Updated 2022-08-12T09:30:51Z


NUBANDUNG.ID
- Kalau ingin lebih tau Bandung lebih dalam? Ayo injakan kakimu ke Bandung karena banyak sekali wisata-wisata dan dunia kuliner yang menarik.


Berikut kami sajikan 3 Jenis Panganan Khas Bandung yang bisa bikin kamu ketagihan.


1. Surabi atau Serabi.


Surabi khas Bandung yang terbuat dari tepung ini begitu mirip dengan pancake. Bedanya adalah surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya sangat tebal.Peralatan yang digunakan untuk membakar atau membuatnya, menggunakan alat sederhana, yakni dengan tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat. 


Alat inilah yang membuat makanan yang satu ini menjadi nikmat dan terasa keasliannya.Untuk pelengkap kamu bisa memilih toping campurannya, yaitu toping nangka, keju, coklat, pisang, duren atau sosis. 


Toping paling unik, kamu bisa memilih surabi toping oncom. Surabi ini terkenal enaknya berada di Kampus NHI, Jalan Setiabudi.


2. Cimol (Aci Digemol).


Panganan khas Bandung ini bentuknya bulat dan di kasih mayones yang disbeut dengan Cimol. Singkatan dari nama makanan ini yaitu, aci digemol yang terbuat dari bahan dasar kanji (tepung kanji), dan dibentuk bulat kecil sedemikian rupa serta nanti akan mengembang sendiri, jika digoreng. 


Sama seperti baso goreng, makanan khas Bandung ini dibumbui hampir mirip dengan bumbu basreng. Namun, yang satu ini rasanya sangat kenyal, gurih dan sangat lezat. Apalagi kalau disajikan saat panas dan ditemani secangkir teh atau kopi.


3. Cireng (aci digoreng).


Kamu pasti udah pada kenal dengan makanan yang satu ini kan. Kalau belum, kenalan dulu dengan makanan khas kota Bandung yang satu ini. Kenapa disebut dengan Cireng? 


Cireng (singkatan dari aci di goreng “kata orang Sunda” untuk tepung kanji yang digoreng). Jajanan yang satu ini sangat populer di daerah Priangan yang dijual dlaam berbagai bentuk dan harga variasi yang berbeda-beda.


Jajanan ini juga sangat terkenal di era 80-an. Untuk bumbu tambahan cireng adalah dari tepung kanji, tepung terigu, merica, air, bubuk, garam, kedelai, daun bawang serta minyak goreng. Cireng yang satu ini enaknya kalau dimakan saat hangat dan ditemani saus sambel yang pedas lho.