Yuk Kenali Sosok Citra Roska Awaliyah, Guru Berprestasi dari Bandung Barat

Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Kenali Sosok Citra Roska Awaliyah, Guru Berprestasi dari Bandung Barat

Rabu, 28 September 2022 | 09:21 WIB Last Updated 2022-09-28T02:21:00Z





NUBANDUNG.ID-Deretan prestasi diraih Citra Roska Awaliyah, S. Pd., guru SMPN 3 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Pada 2013 misalnya, jebolan Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia (FPMIPA UPI) ini dinobatkan sebagai Juara III Guru Berprestasi TK. Gugus 02, Kabupaten Bandung Barat. Pada tahun yang sama Citra meraih Juara II Guru Berprestasi TK. Kabupaten Bandung Barat.


Ternyata, prestasi perempuan yang dilahirkan di Bandung pada 29 Februari 1984 ini, bukan hanya diraih saat mengabdi menjadi guru. Ketika menempuh pendidikan di Jurusan Biologi UPI, Citra sudah memboyong beragam prestasi. Pada 2006 misalnya, empat prestasi akademik ia raih. Keempat prestasi itu yakni Juara II Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas, Juara I Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas, Juara I Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Jurusan Pendidikan Biologi, dan Juara I Lomba Karya Tulis Mahasiswa tingkat Fakultas.


Menanggapi prestasi yang telah diraihnya, Citra berujar, ia begitu mencintai profesi yang digelutinya saat ini.


“Saya ingin agar memberi manfaat kepada orang lain. Karena saya berprofesi sebagai guru, saya ingin agar profesi yang saya geluti ini bisa dijalani secara maksimal. Motivasi untuk mengabdi menjadi pijakan awal agar saya lebih kreatif saat mengajar,” kata Citra seperti dilansir nubandung dari Zonaliterasi.id, Rabu (28/09/2022)


“Soal prestasi yang saya raih bukanlah tujuan utama. Saya hanya ingin memberikan yang terbaik di dunia pendidikan. Saya begitu bahagia melihat anak didik bisa mengikuti pelajaran secara antusias dan dapat memahami materi pelajaran yang saya sampaikan,” tambah Citra.


Pernyataan Citra tak berhenti dalam tataran kata-kata. Itu ia realisasikan saat berhadapan dengan siswa. Beragam cara mengajar ia terapkan di kelas. Salah satu langkah yang ia lakukan di antaranya dengan mengadopsi lagu yang ‘akrab’ dengan telinga siswa. Lirik lagu D Bagindas yang berjudul Empat Mata misalnya, ia ubah jadi lirik yang menyebutkan rumus kalor.


Lagu Empat Mata:


Empat mata bicara padamu

Ku katakan aku cinta kamu


Lagu Rumus Kalor:


Rumus kalor itu ada empat

Bisa m.c.AT atau MV


Ya, itulah Citra, guru berprestasi kali ini. Semuanya terlihat sederhana. Namun, seperti kata istri dari Eddy Wahono dan ibu dari Naila Ditra Insani serta Tsania Dytra Kamila ini, yang paling penting siswa bisa cepat memahami materi pelajaran yang ia sampaikan.