Era Paperless, Inilah 6 Website Download Ebook Gratis

Notification

×

Iklan

Iklan

Era Paperless, Inilah 6 Website Download Ebook Gratis

Kamis, 27 Oktober 2022 | 10:30 WIB Last Updated 2022-10-27T03:30:00Z


NUBANDUNG.ID
- Tren paperless semakin populer beberapa tahun belakangan ini, terutama di kalangan anak muda yang telah terbiasa hidup dengan teknologi dan gadget. 


Guna menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak kerusakan hutan akibat penebangan untuk kertas, penggunaan kertas mulai banyak dikurangi. Sebagai solusinya, sebagian orang lebih memilih membaca ebook (buku elektronik). 


Seiring kemajuan teknologi serta bertumbuhnya kesadaran akan penggunaan kertas yang dinilai kurang ramah lingkungan, buku elektronik atau ebook menjadi pilihan karena mengurangi pemakaian kertas yang berasal dari pohon. 


Terlebih lagi, sekarang ebook gratis banyak tersebar di internet. Ebook gratis menjadi primadona karena mudah diunduh dengan cuma-cuma. Berikut 5 website yang menawarkan download ebook gratis tanpa perlu membayar. 


1. OpenLibrary.org


Open Library memiliki lebih dari 20 juta koleksi ebook yang dapat kita manfaatkan secara gratis. Uniknya, kita juga bisa ikut berkontribusi dengan menambahkan buku-buku elektronik pada situs tersebut. 


Agar mempermudah pencarian ebook, Open Library mengelompokkan ebook berdasarkan tema masing-masing. Mulai dari buku romantis, seni, novel fantasi, biografi, kesehatan sejarah, resep masakan, buku-buku klasik dan anak-anak lengkap tersedia. 


Selain itu, situs Open Library juga menyediakan fitur pencarian berdasarkan judul, kategori, penulis, tema dan lain sebagainya. Kamu bebas membaca, menambahkan, atau download ebook gratis yang tersedia di Open Library kapan saja. 


2. Buku Sekolah Eletkronik (BSE) Kemdikbud


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) beberapa tahun silam merilis program Buku Sekolah Elektronik (BSE). Kamu dapat mengunduh lebih dari 1300 buku pelajaran resmi untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK tanpa dikenakan biaya. Tujuan dari program ini yaitu mempermudah akses siswa, wali dan guru dalam memperoleh bahan pembelajaran. 


Dengan mengakses situs resmi kemdikbud, kamu bisa download ebook gratis berupa buku paket ajar versi siswa dan buku pendamping versi guru yang tersedia sebagai pegangan dalam belajar. Buku-buku paket elektronik yang disediakan pun lengkap dari kurikulum 2007 hingga kurikulum terbaru 2013. 


3. DuniaDownload.com


Situs ini merupakan penyedia ribuan ebook gratis dalam bahasa Indonesia. Dunia Download menawarkan ebook tanpa berbayar dan tidak perlu mendaftar. Ebook yang tersedia memiliki topik yang beraneka ragam dari bisnis, novel, resep makanan, komputer, pariwisata, komik, SEO, trik sulap dan yang lainnya. 


Kamu juga dapat menjadi seorang kontributor dengan mengunggah karya tulismu di website Dunia Download. Disamping menyediakan ebook gratis, penyedia layanan kerap mengadakan undian berhadiah buku. Jika terpilih sebagai pemenang, buku original akan dikirimkan ke alamat rumahmu. 


4. Oapen.org


Oapen bekerja sama dengan sejumlah penerbit untuk menciptakan kontrol kualitas terhadap buku-buku yang ditawarkan kepada pembaca. Perpustakaan digital ini memiliki kantor fisik di National Library di The Hague, Belanda. 


Awalnya, Oapen (Open Access Publishing in European Networks) adalah proyek yang didanai oleh EU dalam waktu 30 bulan. Tujuan dari proyek tersebut adalah melakukan publikasi yang optimal terhadap buku akademik, khususnya di bidang sosial, sehingga semakin banyak dibaca. 


5. Google Books


Google menginisiasi sebuah mesin pencari untuk menelusuri buku. Layanan yang dinamakan Google Books mendorong kemudahan bagi kita guna menemukan buku dengan mudah. 


Prinsip utama Google Books pun sama seperti Google Search Engine dengan cukup menuliskan kata kunci semisal judul buku, nama penulis, tahun terbit atau topik terkait. 


Sebagian ebook memang berbayar, namun tidak jarang ebook gratis yang ditemukan beredar. Google Books tersedia dalam versi web yang bisa diakses menggunakan browser dan aplikasi smartphone. 


6. Buku-e LIPI


Kalau kamu sedang mencari buku referensi untuk melengkapi tugas kuliah atau skripsi, alangkah baiknya kamu mengunjungi situs buku elektronik yang dikelola oleh LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menawarkan ribuan buku elektronik yang bisa kamu unduh kapanpun.