Film Horor Pamali Menarik Perhatian Penonton Sunda di Jawa Barat

Notification

×

Iklan

Iklan

Film Horor Pamali Menarik Perhatian Penonton Sunda di Jawa Barat

Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:11 WIB Last Updated 2022-10-26T03:11:35Z


NUBANDUNG.ID
– Film horor terbaru Indonesia—Pamali—menarik perhatian para penonton dan masyarakat khususnya di Jawa Barat karena kemasan ceritanya yang “relevan”.


Ya, relevan dalam arti film yang disutradarai oleh Bobby Prasetyo ini mengangkat unsur budaya dan kepercayaan masyarakat lokal. Terutama mengenai pantangan dan larangan yang dianggap dapat mendatangkan kesialan dan bahaya bagi yang melakukannya. Hal-hal yang dianggap tabu seperti ini masih dipercaya sebagian masyarakat.


Pamali hadir menyapa masyarakat di bioskop sejak 6 Oktober 2022. Hingga hari ke-18 tayang, seturut akun resmi Instagram @pamalimovie, film berdurasi 99 menit ini sudah ditonton oleh 860.644 pasang mata di bioskop di seluruh Indonesia.


Kesuksesan film menyeramkan ini diadaptasi dari game buatan anak bangsa dengan judul yang sama.


Film yang mengusung slogan “Melanggar Adat, Mengundang Petaka” mengisahkan keluarga yang melanggar adat di daerahnya. Sekira 20 tahun meninggalkan kampung halaman, Jaka Sunarya yang diperankan Marthino Lio terpaksa mudik untuk menjual rumah warisan orang tuanya.


Ia dan istrinya yang bernama Rika (Putri Ayudya) yang sedang hamil, pulang ke suatu desa di Jawa Barat. Kepulangan mereka tak lepas dari informasi yang disampaikan Cecep (Fajar Nugraha)—temannya di kampung—bahwa ada calon pembeli yang hendak melihat rumah Jaka.


Namun, hanya sedikit kenangan yang tersisa tentang rumah itu. Mengapa? Sebab, sejak usia enam tahun Jaka tinggal bersama neneknya di Jakarta.


Oleh karena aliran listrik di rumah itu mati, Jaka dan Rika mau tak mau mesti istirahat tanpa listrik di malam pertamanya. Sialnya, Rika yang besar di kota, mulai melakukan hal-hal yang dianggap tabu alias pamali di desa itu yang diyakini bisa berbuah petaka.


Akibatnya, hal-hal aneh mulai terjadi pada malam itu. Rika mendengar suara aktivitas di kamar sebelah yang terkunci rapat. Hal-hal aneh semakin menjadi di malam kedua. Akhirnya, pintu kamar itu terbuka dan fakta-fakta baru tentang silsilah keluarga Jaka yang misterius mulai terkuak.


Pemeran: Marthino Lio, Rukman Rosadi, Taskya Namya, Putri Ayudya, Unique Proscilla, Fajar Nugraha, Iang Darmawan.


Komentar masyarakat di sosial media.


“Film paling serem bulan Oktober di list pribadi gw.” (@nafin_xdr).


“Ini akting pemainnya mantep banget. Fimnya juga keren 8/10 sihh buat Pamali.” (@30jielz).


“Jangan nonton sendirian. Pamali gokil serem bener.” (@tuanyouth).


“Gue kepo banget asli kaya ini sesuai banget sama mitos yang masih simpang siur di daerah gw.” (@ciiiipeng)


“Yang gua suka adalah detail kemiripan di gamenya mampu dibawakan sangat baik di versi filmnya. Sinematografinya juga cukup enak di mata kok.” (@QuiinDragon).