Workshop Penyusunan Dokumen Akreditasi Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi

Notification

×

Iklan

Iklan

Workshop Penyusunan Dokumen Akreditasi Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi

Jumat, 28 Oktober 2022 | 17:54 WIB Last Updated 2022-10-28T11:01:05Z


NUBANDUNG.ID,
Tasikmalaya – Workshop Penyusunan dan Penyamaan Persepsi Dokumen Akreditasi di lingkungan Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan di FAI Universitas Siliwangi. 


Workshop ini diadakan secara lancar di Aula Putri Duyung Hotel Sun Inn Pangandaran pada hari Jumat-Minggu Tanggal 30 September – 2 Oktober.


Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal atau dapat dikatakan sebagai suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. 


Ciri akreditasi adalah penilaian yang dilakukan oleh pakar sejawat dari luar institusi terkait (external peer reviewer), dan dilakukan secara sukarela bagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan suatu program studi. 


Acara Workshop Penyusunan dan Penyamaan Persepsi Dokumen Akreditasi di Lingkungan FAI Universsitas Siliwangi dibuka oleh Rektor Universitas Siliwangi, Dr. Ir. Nundang Busaeri, M.T., IPU. 


Hadir sebagai pemateri yaitu Dr. Harry Suharman, S.E., M.A., Ak., CA. selaku Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). Beliau menyampaikan bahwa seluruh instrumen akreditasi harus dipenuhi untuk mencapai akreditasi unggul. 


“Semua elemen pada instrumen harus dipersiapkan secara matang jauh-jauh hari” tambah beliau. 


Selain itu, pemateri lainnya ialah dari jajaran Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Siliwangi yang turut memberikan materi mengenai transformasi dan langkah-langkah persiapan akreditasi jurusan ekonomi syariah. 


Workshop ini menjadi penting bagi keberadaan Jurusan Ekonomi Syariah di Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Pasalnya semua pihak dari mulai dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan masyarakat mengharapkan hasil yang memuaskan dari proses reakreditasi yang akan diajukan tahun depan yaitu Jurusan Ekonomi Syariah memperoleh akreditasi unggul. *** (FAI/ DF)