Pentingnya Penerapan News Values dalam Berita ala Jurnalistik UIN Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Penerapan News Values dalam Berita ala Jurnalistik UIN Bandung

Kamis, 24 November 2022 | 20:30 WIB Last Updated 2022-11-25T06:33:44Z

NUBANDUNG.ID - Prodi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Ilmu Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Workshop mengenai announcing dan presenting dengan tema "How To Be a Great News Anchor and Presneter".


Workshop ini dilaksanakan pada hari Rabu, 25 November 2022 bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang dihadiri oleh mahasiswa/i jurusan Jurnalistik.


Acara workshop dimulai pada 09.30 yang dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an, lalu acara ini dimulai dengan sambutan oleh Dr. Encep Dulwahab, S.Sos., M.I.Kom dan Dr. Enjang Muhaemin, M.Ag dan DR. H Enjang AS, M.Ag,.M.Si.,CICS. selaku Wakil Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi sekaligus membuka acara workshop tersebut.


"Kemauan, kesukaan, keinginan serta kemampuan menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh setiap manusia terutama untuk mahasiswa jurnalistik dalam menekuni dunia announcing dan reporter. Selain itu, hal kejujuran mesti diutamakan oleh seorang reporter dalam mengolah berita hingga kejujuran kode etik mesti dijunjung tinggi" ujar DR. H Enjang AS, M.Ag,.M.Si.,CICS dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).


Hal ini senada dengan pemateri , Ridwan Mustofa, selaku reporter Kompas TV. Menurutnya, "Kemampuan dari jurnalis yang mesti didahulukan ialah mengenai kejuruan. Selain itu berita yang baik ialah yang mengandung unsur pengaruh, penting, ketokohan , aktualitas, kedekatan, dampak, konflik, human interest dan keanehan."


Materi kedua diisi oleh Zaiul khaq, reporter CNN Indonesia. Dalam menyampaikan materi olehnya mengangkat materi tentang kiat-kiat menjadi News Anchor and Reporter. Menurutnya menjadi News Anchor mesti memiliki jam terbang yang cukup sebab kredibilitas menjadi News Anchor dapat dimiliki dari jenjang karir reporter supaya dapat menguasai bidangnya.


Dilanjut dengan praktek secara langsung dari materi yang telah disampaikannya. Antusiasme peserta dalam mempraktekkan mengenai menjadi News Anchor yang handal dan kompeten di bidangnya pun sangat antusias.


Acara workshop setelah penyampaian materi dilanjut dengan adanya doorprise, tanya jawab, dan diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama dengan peserta setelah acara ditutup.