6 Lagu “Bandung” dari Masa ke Masa, Nomor 6 Bersejarah Banget!

Notification

×

Iklan

Iklan

6 Lagu “Bandung” dari Masa ke Masa, Nomor 6 Bersejarah Banget!

Sabtu, 18 Maret 2023 | 13:30 WIB Last Updated 2023-03-18T06:30:42Z

 



NUBANDUNG.ID-Kota Bandung yang memiliki julukan “Kota Kembang” merupakan kota beriklim sejuk dengan keindahan pegunungan sekelilingnya. 


Mulai dari banyaknya pohon rimbun, tempat wisata, hingga beragam kuliner menjadi ciri khas ibu kota Jawa Barat ini. Banyak masyarakat yang mengagumi dan selalu merindukan Kota Kembang, termasuk para wisatawan.


Seperti beberapa musisi di Indonesia yang mengungkapkan kekaguman dan kerinduannya pada Kota Bandung melalui lirik lagu, baik berbahasa Sunda maupun inggris untuk dinikmati oleh penikmat musik.


Kota Bandung banyak menginspirasi para musisi dalam berkarya. Kali ini NUBANDUNG.ID menghimpun lagu-lagu tentang Bandung dari masa ke masa sebagai berikut.


1. Bandung – Yura Yunita



Penyanyi yang lahir di Kota Bandung merilis lagu berbahasa Sunda berjudul “Bandung”. Lagu yang rilis pada tahun 2021 masuk ke dalam albumnya yang bertajuk Tutur Batin.


Selain menggambarkan kenangan Kota Bandung di hati Yura Yunita, dalam liriknya mengandung makna bahwa sejauh apapun melangkah atau pergi, Bandung tetap menjadi tempat pulang.


Lagu bergenre pop ini relate bagi para pendengar yang sama-sama lahir di Kota Kembang. Irama yang riang dengan sentuhan musik khas Jawa Barat berkesan bagi pendengar hingga saat ini official performance video “Bandung” ditonton sebanyak 2,2 juta kali di akun YouTube Yura Yunita.



2. Dan Bandung – Pidi Baiq The Panasdalam Bank


“Dan Bandung” salah satu lagu Pidi Baiq The Panasdalam Bank yang menjadi soundtrack film “Dilan 1991”. Lirik yang menceritakan kenangan terhadap Kota Bandung ini mengangkat dari novel karya Pidi Baiq. Lagu ini termasuk dalam album Dilan 1990-1991 (Original Motion Picture Soundtrack).



3. Bandung – Fiersa Besari


Fiersa Besari seorang penulis juga musisi berasal dari Bandung yang memulai karirnya sebagai vokalis band indie. Melalui lirik lagu “Bandung”, Fiersa mengisahkan pesona Kota Bandung yang mengajarkan persahabatan dan cinta hingga membuatnya ingin kembali.



Dalam lirik lagunya menyebutkan berbagai daerah di Kota Kembang seperti Braga, Saparua, Dago Pakar, dan Caringin Tilu.


Dalam albumnya yang bertajuk Konspirasi Alam Semesta, lagu ini dipopulerkan pada tahun 2015 dengan genre Indonesia Indie dan viral di tanah air.


4. Bandung – Mocca


Lagu “Bandung” dinyanyikan oleh Mocca pada tahun 2014 saat hari ulang tahun Kota Bandung yang ke-204. Lagu yang termasuk dari album Home ini merupakan lagu kedua dari Mocca yang menceritakan keindahan dan kenyamanan Kota Bandung. Selain itu salah satu baris dalam liriknya menyampaikan bahwa Bandung adalah kota yang bersahabat.


5. Bandung – Doel Sumbang


Doel Sumbang seorang musisi dengan nama asli Wachyoe Affandi juga berasal dari Jawa Barat. Selain bernyanyi, ia aktif menulis lirik lagu tentang kehidupan masyarakat di tanah Sunda.


Lagu “Bandung” ini menceritakan kota Bandung yang dikelilingi oleh gunung serta suasana kehidupan perkotaan. Sama seperti Mocca, dalam bait lirik lagu ini juga menjelaskan bahwa Bandung terkenal dengan kota sahabat.


6. Peuyeum Bandung – Nining Meida


Beragam kuliner khas dari Kota Bandung yang terkenal pun dapat menginspirasi para musisi dalam berkarya salah satunya Peuyeum. Rilis pada tahun 1988, Nining Meida mengenalkan lagu berjudul “Peuyeum Bandung” yang menggambarkan salah satu makanan tradisional Kota Bandung yaitu peuyeum.


Dalam liriknya menjelaskan bahwa peuyeum terbuat dari singkong yang difermentasi dalam waktu tertentu, terkenal dengan rasanya yang nikmat, dan harganya relatif murah.


Makanan tradisional yang tidak terlihat mewah ini membuat banyak orang tergiur karena kenikmatan dari rasanya.


Meski memiliki judul yang hampir sama, para musisi dapat menyajikan lagu tersebut dengan sentuhan musik sesuai genre masing-masing. Lagu-lagu yang menceritakan Bandung ini berkesan bagi para penikmat seni musik.


Nah bagi yang merindukan Kota Bandung, semoga keenam lagu ini bisa masuk dalam playlist dan mengobati rasa rindunya. Selamat mendengarkan!***(MPAF)