5 Cara Bangun Keluarga Harmonis “Cinta” Ala Agung Fatwa

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Cara Bangun Keluarga Harmonis “Cinta” Ala Agung Fatwa

Sabtu, 20 Mei 2023 | 13:54 WIB Last Updated 2023-05-20T08:42:56Z

 



NUBANDUNG.ID-Untuk pasangan suami istri yang baru nikah wajib mengetahu cara membangun keluarga bahagia, harmonis, dan sejahtera.


Dalam Seminar Motivasi bersama Agung Fatwa dan Family Gathering bertajuk Keluarga Bahagia, FST Juara yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Agro Edu Park, Kampus II.


Agung Fatwa memberikan tips untuk menciptakan keluarga bahagia melalui Harmonis CINTA, yaitu Comfortable, In-Team, Number One, Trust, Appreciation.


Pertama, “Comfortable itu bukan tentang materi atau fisik melainkan sebuah kenyamanan hati. Karena kenyamanan akan tumbuh di rumah, di lingkungan kerja, Fakultas Sains dan Teknologi, bila masing-masing personilnya menghadirkan hati, pikiran, emosi baik dengan menciptakan kenyaman dari dalam diri,” jelasnya dikutip dari laman UIN Bandung, Sabtu (20/5/2023).


Proses dalam membangun kenyamanan itu bisa dimulai dari senyum, adanya keterbukaan, komunikasi yang baik, semangat yang sama.


Kedua, In-Team, menjadi bagian dari tim yang mendukung.“Jadilah pendengar yang baik. Berilah waktu 10 menit kepada suami atau istri untuk ngobrol dengan anak, istri atau suami selesai pulang kerja,” sarannya.


Ketiga, “Jadikanlah number one saat berkumpul dengan keluarga. Ketika menyelesaikan tugas pekerjaan, termasuk rekan dalam bekerja untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan,” paparnya.


Keempat, untuk menjadi insan terpercaya, “Trust, setiap keberhasilan diawali dari kepercayaan. Jadilah pribadi yang dapat dipercaya atau diandalkan. Percaya akan kemampuan diri sendiri, percaya kepada keluarga, percaya kepada rekan kerja, percaya kepada tim dan lembaga,” tandasnya.


Kelima, soal appreciation prinsipnya, hargai orang lain, maka kita akan dihargai orang. “Membiasakan memberikan apresiasi berarti menciptakan keberhasilan kerja, tidak ada apresiasi yang didapatkan tanpa apresiasi,” paparnya.


Suasana Family Gathering tambah seru ketika anak-anak melakukan aktivitas bermain yang didampingi mahasiswa-mahasiswa berprestasi, Ibu, Bapak mendapatkan door prize dahsyat dari panitia.


Dekan FST, Dr. Hasniah Aliah, M.Si menyampaikan pentingnya silaturahmi dalam membangun suasana kekeluargaan yang bahagia, harmonis dan sejahtera.


“Dalam suasana lebaran. Tidak ada salahnya, saya mewakili pimpinan mengucapkan Selamat Idul Fitri, Taqobbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya mengucapkan syukur atas berkenan hadir Bapak, Ibu dan para pendahulu yang dalam keadaan sehat, bahagia,” tegasnya.


Dr. Hasniah menegaskan dibalik capaian prestasi yang membanggakan kampus terdapat dukungan penuh dari keluarga dosen, tenaga kependidikan, satpam, office boy.


"Semakin besar FST, pasti ada peran keluarga yang mendukung. Saya menyakini semuanya dimulai dari keluarga, mohon maaf atas berbagi waktu dengan aktivitas kampus, terimakasih atas dukungan keluarga dosen, tendik, yang all out untuk terus menebar kebaikan kampus, membahagiakan keluarga agar terus menciptakan FST Juara,” harapannya.


Suasan kekeluargaan yang harmonis, bahagia terus terbangun saat acara ditutup dengan ramah tamah dan pembagian door prize. Sesekali terdengar gelak tawa anak-anak yang asyik bermain di area Agro Edu Park sambil melakukan foto selfie, sesi foto bersama dengan latar Masjid Al Jabbar kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini melengkapi kebahagiaan UIN Bandung, bersama FST Juara!