Peluncuran Arina.id : Ayo Syiarkan Ajaran Islam Progresif

Notification

×

Iklan

Iklan

Peluncuran Arina.id : Ayo Syiarkan Ajaran Islam Progresif

Sabtu, 16 Desember 2023 | 22:30 WIB Last Updated 2023-12-17T03:31:43Z


NUBANDUNG.ID - Saat peluncuran portal media keislaman Arina.id, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan apresiasinya atas eksistensi website jejaring media kampus perguruan tinggi ini. Walau baru hadir, Arina.id telah menyodok ke posisi atas dan masuk dalam 20 besar media keislaman di Indonesia.


"Meski baru beberapa bulan lahir, yang luar biasa Arina.id ini sudah masuk dalam 20 besar media keislaman di Indonesia dalam waktu singkat. Dengan jejaring media kampus juga membantu Arina semakin dikenal dan menarik untuk para pembacanya," kata Gus Men, sapaan karibnya, saat launching di Ritz Charlton Jakarta, Jumat (15/12/2023).


Ia berharap Arina menjadi salah satu kontributor serta menjaga sifat-sifat baik bangsa ini dan mengembangkannya sebagai bagian dari promosi dan kampanye moderasi beragama.


Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, yang hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasinya terhadap lahirnya Arina.id. Ia berharap website ini mampu menjadi kanal informasi khas keislaman dengan gaya populer yang mengutamakan substansi. 



Kehadiran Arina.id ia harapkan mampu menambah referensi informasi terpercaya bagi masyarakat yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, perdamaian, dan kasih sayang kepada seluruh umat.


"Saya juga mengapresiasi peran Arina.id yang menjembatani partisipasi masyarakat dalam memproduksi konten melalui user generate content yang tetap berpanduan kepada undang-undang dan kode etik jurnalisme yang berlaku," katanya.


Sementara Direktur Utama Arina.id Ishaq Zubaedi mengatakan, Arina.id merupakan portal keislaman masa kini yang mengambil jalan lebih progresif daripada portal-portal yang sudah ada sebelumnya.


"Arina menjadi perekat dari 50 jejaring media yang tumbuh subur di kampus-kampus Islam di Indonesia dan juga rumah-rumah moderasi," ungkapnya.


Kanal-kanal Arina

Untuk menyuguhkan konten-kontennya, beberapa kanal sudah disiapkan untuk para pengunjung Arina.id. Di antaranya adalah kanal Islami yang mengupas tulisan-tulisan dari para penulis yang kompeten dalam bidang keislaman. Ada juga kanal perspektif sebagai kanal untuk menambah wawasan tentang topik tertentu dari sudut pandang tertentu pula.


Selain itu terdapat juga kanal berita, tren, edukasi, human, syariah, khutbah, khazanah, mozaik, dan Islamic finder.



Kanal Islamic finder merupakan subdomain baru yang memuat kanal-kanal islami untuk memudahkan masyarakat mengakses konten-konten keislaman lebih mendalam. Untuk pengembangan perdana, konten-konten tersebut meliputi beberapa kanal yakni Al-Qur’an Digital, Hadits, Doa dan Dzikir, Kajian, dan Kata Mutiara.


Pada kanal Al-Qur’an Digital, pengunjung bisa mengakses fasilitas Al-Al-Qur’an yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga mudah untuk diakses sesuai dengan ayat, surat, dan juznya. Ayat-ayat dalam Al-Qur’an Digital juga dilengkapi dengan transliterasi dan terjemahnya untuk menambah pengetahuan tentang isi Al-Qur’an.


Pada kanal Hadits, pengunjung bisa mengakses puluhan ribu hadits yang diriwayatkan dari banyak musnad dan Kitab di antaranya Musnad Ahmad, Darimi, Syafi’i, Muwatho Malik, Riyadhus Shalihin, Shahih Muslim, Shahih Bukhari, Sunan Abu Daud, Sunan Ibnu Majah, Sunan Nasai, dan Sunan Tirmidzi.


Pada kanal doa, pengunjung bisa mengakses bacaan-bacaan doa harian yang sangat bermanfaat untuk menambah keberkahan dalam beraktivitas. Doa-doa tersebut seperti doa sebelum makan, doa sesudah makan, doa sesudah minum, doa ketika mimpi buruk, dan lain-lain. Doa juga disertai dengan transliterasi dan artinya.


Sementara pada kanal kajian, pengunjung bisa mendapatkan berbagai macam penjelasan dalam kanal Islami, Syariah, doa, khutbah, dan khazanah. Dalam kanal ini disuguhkan artikel-artikel yang dikaji dari berbagai macam perspektif oleh para penulis yang kompeten dalam bidangnya.


Di kanal Islamic Finder juga disuguhkan kata-kata mutiara yang dikemas dalam desain grafis yang menarik dan inspiratif. Kata-kata mutiara ini dikutip dari berbagai macam sumber terpercaya sepeti dari Al-Qur’an, Hadits, dan makalah para ulama. Kata-kata mutiara ini bisa diunduh dan disebarkan ke media sosial untuk menginspirasi banyak orang.


Islamic Finder ini disuguhkan dengan tampilan desain elegan dan mudah untuk diakses. Di desain dengan dominan warna putih, Islamic Finder memiliki font Arab dan Latin yang nyaman untuk dibaca.


Untuk menjadi pengingat umat Islam, Islamic Finder juga menyuguhkan widget waktu kegiatan hari besar Islam terdekat seperti Ramadhan, Idul Fitri dan hari besar lainnya dalam Islam.


Fitur-fitur ini diluncurkan Arina.id untuk lebih mensyiarkan ajaran islam yang rahmatan lil alamin dengan pengarusutamaan moderasi beragama yang lebih efektif dan efisien.