7 Tips Mudik Lebaran 2024 Ala Mahasiswa Telkom University. Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Ya!

Notification

×

Iklan

Iklan

7 Tips Mudik Lebaran 2024 Ala Mahasiswa Telkom University. Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Ya!

Sabtu, 06 April 2024 | 06:17 WIB Last Updated 2024-04-05T23:17:20Z

 



NUBANDUNG.ID – Hari Lebaran merupakan momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang, terutama bagi mahasiswa yang tinggal jauh dari kampung halaman. Pulang ke kampung halaman atau yang sering disebut mudik adalah tradisi yang tidak bisa terlewatkan bagi banyak orang.


Dilansir dari laman resmi Telkom University (Tel-U) yang merencanakan untuk mudik saat Lebaran, ada beberapa tips yang bisa membantu perjalanan mudik TelUtizen menjadi lebih lancar dan menyenangkan. 


Berikut tujuh Tips Mudik Libur Lebaran 2024 bagi Mahasiswa Telkom University:  


1. Tinggalkan Asrama atau Kos dalam Kondisi Rapi dan Aman

Pastikan kamar dan area pribadi kamu sudah rapi dan bersih. Jangan lupa matikan semua perangkat listrik dan pastikan pintu dan jendela tertutup rapat. Tak kalah penting, beritahu teman atau penjaga asrama bahwa kamu akan pergi dan kapan kamu diperkirakan kembali. Ini akan membantu menjaga keamanan tempat tinggalmu selama kamu tidak berada di sana. 


2. Beli Tiket Jauh Hari

Untuk mengurangi biaya perjalanan, disarankan untuk mencari promo tiket transportasi sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Hindari menunggu hingga mendekati waktu keberangkatan karena harganya bisa lebih mahal. Sebaiknya memanfaatkan aplikasi atau situs web perjalanan untuk memesan tiket transportasi dan akomodasi, yang bisa memberikan diskon dan promo menarik untuk menghemat biaya perjalanan. 


3. Siapkan Kondisi Fisik dan Mental yang Baik 

Perjalanan mudik bisa menjadi melelahkan, terutama jika Anda melakukan perjalanan jarak jauh. Pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum berangkat dan siapkan kondisi fisik Anda dengan baik. Selain itu, juga penting untuk menjaga kondisi mental Anda tetap stabil. Berbicara dengan keluarga atau teman dekat bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan selama perjalanan. 


4. Jangan Tinggalkan Barang Berharga

Simpan barang berharga seperti laptop, gadget, dan perhiasan di tempat yang aman dan terkunci. Akan lebih baik jika kamu bisa membawa barang-barang berharga bersamamu, agar lebih aman dan tidak ada risiko kehilangan atau pencurian. 


5. Bawa oleh-oleh khas Bandung

Jika memungkinkan, persiapkan untuk membawa oleh-oleh khas Bandung yang bisa memberi kesan atau kenangan baik untuk keluarga atau kerabat. Sebagai mahasiswa Telkom University yang terletak di Bandung, banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa ke kampung halaman. Namun, pastikan pula bahwa oleh-oleh tersebut tidak memberatkanmu dan sesuai dengan anggaran yang telah kamu tentukan. 


6. Membawa Kudapan dan Obat-Obatan Pribadi

Membawa obat-obatan pribadi seperti obat sakit kepala, atau obat yang biasa dikonsumsi merupakan hal yang perlu diperhatikan. Tidak lupa pula untuk membawa snack atau jajanan ringan untuk sebagai kudapan di perjalanan. 


7. Membawa Uang Tunai dan Dokumen penting

Terakhir, siapkan barang pribadi seperti dompet berisikan kartu identitas, uang tunai secukupnya dan dokumen maupun kartu lainnya seperti tiket perjalanan ataupun ATM. Pastikan semua dokumen dan uang tunai disimpan dengan aman di tas.  

Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam persiapan mudik lebaran. Selamat mudik dan selamat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman!