Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Bikin Colenak khas Sunda

Selasa, Mei 11, 2021 | 02:10 WIB Last Updated 2021-09-13T15:40:29Z

NUBANDUNG
– Colenak merupakan kudapan khas Sunda yang  populer pada era 1930-an. Kudapan ini terbuat dari bahan baku berupa tape yang dipotong menjadi beberapa bagian.

Bagian tape yang telah dipotong itu, kemudian diguyur serutan kelapa dan kuah gula jawa cair. Rasanya yang legit dan manis di lidah, tentunya membuat Anda tidak akan berhenti mengunyahnya. Kudapan colenak akan terasa lebih enak disantap, sambil ditemani secangkir kopi dan teh hangat.

Nah, bagi Anda yang tidak sempat membeli dan mencicipi kelezatan colenak ini, jangan kawathir!  Anda bisa loh membuatnya sendiri di rumah.

Mahmud (53), pemilik generasi ketiga Colenak Murdi Putra di Bandung, menuturkan, bahan - bahan yang diperlukan untuk menyajikan colek tidak terlalu banyak, bahkan cara membuatnya pun cukup mudah.

”Proses pengolahan colenak sebetulnya sederhana, yakni tape dibakar terlebih dahulu sebelum dipotong kecil. Lalu disajikan dengan saus yang terbuat dari gula merah, dan parutan kelapa,” jelas Mahmud kepada Tribun Jabar beberapa waktu lalu.

Mahmud menambahkan, dalam teknik memasaknya, kandungan gula yang banyak di dalam tape terkadang membuatnya mudah gosong.

Meski demikian, bagi beberapa orang teknik memasak ini bisa menghasilkan rasa colenak yang lebih enak.

”Perpaduan tape yang dibakar secara matang serta manisnya gula cair dan serutan kelapa, pastinya menghasilkan rasa yang lebih nikmat,” ujar Mahmud.

Agar lebih jelas seperti apa resep dan cara membuatnya, berikut ulasannya.

Bahan utama: (1) 200 gram tape, (2) 20 gram mentega, (3) 100 gram kelapa parut, (3) 100 gram gula merah, (4) 100 gram gula pasir, (5) 100 ml Santan, dan (6) 1/2 sdt Vanili.

Cara membuatnya: (1) Iris gula merah, lalu campur dengan gula pasir; (2) Masukkan santan ke dalam campuran gula pasir dan gula merah, (3) Masak sampai tercampur rata, kemudian masukkan kelapa parut; (4) Aduklah terus sampai airnya mengering, lalu sisihkan; (5) Selanjutnya panaskan panggangan, kemudian oleskan mentega; (6) Panggang tape singkong di atas panggangan yang sudah dioles mentega; (7) Panggang terus sampai tape berubah warna; (8) Setelah tapenya matang, potong kecil-kecil dan guyuri serutan kelapa dan kuah gula jawa cair di bagian atasnya.

Sajian colenak khas Sunda siap disajikan untuk menu kudapan keluarga Anda. Colenak yang manis ini enaknya disantap bareng-bareng bersama keluarga tercinta. Dijamin enak pisan!

Bagaimana mudah sekali kan cara membuatnya? Selamat mencoba!

Diolah dari Jabar.tribunnews.com
X
X