Yuk, Wisata Ke Gunung Manglayang!

Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk, Wisata Ke Gunung Manglayang!

Selasa, 11 Mei 2021 | 07:34 WIB Last Updated 2021-09-13T15:44:07Z

NUBANDUNG -
Untuk para pecinta alam, yang sudah membuat bucket list untuk mendaki salah satu gunung yang ada di Bandung ini tentunya harus mengetahui hal-hal menarik yang terdapat pada gunung yang akan di daki terlebih dahulu.

Gunung Manglayang Bandung merupakan gunung yang letaknya berada di antara Kabupaten Sumedang dan Bandung serta memiliki ketinggian kurang lebih 1818 mdpl.

Puncak gunung ini tidak terlalu tinggi tapi cukup banyak pendaki yang meliriknya. Sebelum memutuskan mendaki gunung untuk pertama kali, sebaiknya perhatikan denah lokasi dan juga harga tiket masuknya. Karena di gunung ini tidak hanya berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya saja, tapi juga bisa bermalam alias kemah.

Gunung Manglayang merupakan jenis gunung yang bertipe stratovolcano yang terletak di antara kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Namun, karena gunungnya yang tidak terlalu tinggi, sehingga kurang dikenal oleh para pendaki yang menyukai ketinggian yang lebih tinggi dari gunung ini.

Untuk dapat sampai ke Gunung Manglayang Bandung tentunya perlu mengetahui rute lokasinya dulu. Nah, lokasi gunung ini alamatnya berada di Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung Jawa Barat untuk memudahkan bisa menggunakan maps di handphone atau bertanya pada masyarakat sekitar.

Jika disandingkan dengan deretan gunung-gunung yang lain seperti, gunung Tangkuban Perahu, Burangrang, Bukit Tunggu maka Gunung Manglayang menjadi gunung yang terindah. Maka dari itu untuk para pendaki yang menyukai ketinggian diatas 6.000 kaki gunung ini tidak cocok untuk dijadikan tempat pendakian.

Tapi jika hanya ingin melihat alam bebas dari ketinggian dibawah 6.000 kaki Gunung Manglayang Bandung ini sangat cocok. Karena memberikan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Lokasi gunung ini pun sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan para pendaki yang datang, seperti tempat ibadah, kamar mandi, warung makan dan minus, serta fasilitas yang lainnya.

Untuk lokasi tempat campingnya berjarak sekitar 900 meter dari pintu gerbang dari situs batu kuda manglayang. Tempat camping yang disediakan sangat cocok untuk dijadikan tempat outbound para pelajar atau mahasiswa yang datang.


Ada 4 rute yang bisa dilewati untuk mencapai puncak Gunung Manglayang Bandung, yaitu :

1. Jalur Tugu Kostrad

Jika ingin ke puncak melalui jalan ini bisa masuk melewati cilengkrang 1 lalu menuju wisata curug cilengkrang. Setelah sampai di pintu masuk Curug Cilengkrang tinggal lihat ke arah barat, tidak jauh dari pintu masuk ada jalan setapak yang biasa dipakai jalur motor trail.

Setelah itu lurus saja mengikuti jalan sampai pohon pinus terakhir disana dapat dijumpai pepohonan yang cukup rimbun dan ada jalan setapak disana, lalu tinggal mengikuti jalan itu saja tidak jauh dari situ terdapat persimpangan, dan kembali mengambil jalan yang lurus karena jalan yang belok ke kiri menuju Palintang.

2. Jalur Batu Kuda

Ada 2 jalur yang dapat dilalui untuk menuju puncak Gunung Manglayang, pertama bisa mengambil jalan lurus langsung dan sampai di puncak pertama lalu melewati tebing. Kurang lebih sekitar 2 jam untuk bisa sampai di puncak pertama.

Nah, jalur yang kedua yaitu melewati baru beurem dan akan sampai di puncak timur/puncak bayangan.

3. Jalur Jatinangor

Jika melewati jalur ini berarti menuju jalur puncak bayangan, yang mana akan disuguhi jalan yang terjal dan berdebu sampai ke puncak bayangan.Namun, pemandangan di jalur ini paling indah dibanding jalur yang lain, apalagi kalau camping di puncak timur, maka akan sangat jelas untuk dapat melihat sunrise dan sunset .

Waktu yang ditempuh pun cukup singkat, kurang lebih sekitar satu setengah jam untuk dapat sampai di puncak bayangan.Dari puncak bayangan menuju puncak utama kurang lebih setengah jam.

4. Jalur Palintang

Jalur ini bisa melalui Alun-alun Ujung Berung lalu mengambil jalan ke arah utara menuju desa Palintang. Setelah sampai di SD Palintang disana terdapat jalan menuju kaki Gunung Manglayang, sampai di kaki Gunung Manglayang ikuti jalur motor croos yang tembus di jalan tugu kostrad.

Jika terus berjalan mengikuti jalur tersebut, ambil jalan yang langsung menuju puncak, tapi medan jalan yang ditempuh lebih sempit dan dipenuhi rumput yang cukup rimbun.Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di puncak Manglayang kurang lebih 4 jam.