Inilah 4 Toko Roti Klasik Warisan Belanda untuk Urang Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah 4 Toko Roti Klasik Warisan Belanda untuk Urang Bandung

Selasa | November 16, 2021 Last Updated 2021-11-16T03:08:18Z

NUBANDUNG
– Bicara soal Kota Bandung, hal pertama yang dipikirkan pasti soal kuliner yang ada kaitan historik dengan zaman Belanda. Kota yang memiliki warisan kuliner dari Belanda yaitu kue dan roti, salah satunya ialah Bandung. 

Nah, Bandung punya lho beberapa toko roti yang menu variannya dijamin deh bakal bikin kamu ketagihan. Mau tahu? Ini ulasannya yang dikutip dan diolah dari Beritabaik.id.

1. Roti Sidodadi


Kamu bisa melipir ke toko roti klasik ini di Jalan Otista No 255 Bandung. Hadir sejak zaman Belanda, Sidodadi selalu mempertahankan rasa dan variannya sejak pertama kali buka. Dari sekian banyak jenis yang ditawarkan, roti  isian smoked beef, cokelat, keju dan sosis selalu jadi favorit.

Selain enak, roti klasik Sidodadi juga sejak dulu enggak pernah pakai bahan pengawet loh. Jadi kalau TemanBaik pengin melahapnya dalam kondisi fresh dan hangat, bisa mampir ke tokonya pagi - pagi.

2. Sumber Hidangan


Toko ini mudah dijumpai di seputaran Jalan Braga. Di masa kolonial Belanda, Sumber Hidangan bernama Het Snoephuis. Sejak awal berdiri, toko ini menawarkan aneka roti dan kue khas Eropa. Toko pastry yang hadir sejak 1930 ini  paling juara untuk jenis croissant dan roti tawarnya. Namun selain yang difavoritkan, ada juga kue khas Belanda seperti bokkepoot, mocca truffel, chocolade rotajes, dan ananastaart.

Nah buat kamu yang penasaran melahap si roti vintage ini, semua item dibanderol harga yang murah banget mulai dari Rp 4500 sampai Rp 26.000 saja. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 9.30 sampai jam 16.00 WIB. Jadi kalau kesana jangan terlalu sore ya biar enggak kehabisan.

3. Roti Djie Seng


Roti klasik ini tersohor banget loh di Bandung. Sejak berdiri, Roti Djie Seng kerap dijajakan menggunakan gerobak sepeda. Namun kalau kamu pengen jalan-jalan ke pabriknya, lokasinya ada tiga tempat, yaitu Jalan Terusan Pasir Koja No. 205, Jalan Rajawali Timur No. 175, dan Jalan Astana Anyar No. 13.

Kalau mampir ke pabriknya, kita bisa memilih aneka roti yang masih segar loh. Bahkan kalau lagi beruntung bisa mencicipi roti yang panas alias baru keluar dari ovennya. Roti legendaris ini juga termasuk murah di kantong. Per item roti Djie Seng dijual mulai dari  Rp3.000. Murah, bukan?

4. Roti Bumbu Cari Rasa


Kalau kamu melintas ke kawasan Pasar Kosambi, Bandung, wajib melipir ke Roti Bumbu Cari Rasa. Berdiri sejak 1960-an, roti ini memang sudah booming sebagai roti bumbu yang dihidangkan setelah dibakar. Dulu sih selai andalannya cuma skrikaya, tetapi seiring waktu isiannya semakin beragam.

Melahap roti Cari Rasa sih bebas ya, mau dibakar atau disantap langsung juga tetap nendang di lidah. Di antara roti kadet atau kasino yang galibnya dibakar, roti yang dirintis H. Katmajaya atau Haji Ama (alm.) ini terkenal paling gurih dan empuk banget.

Kalau kamu penasaran, bisa menyambangi tokonya di Pasar Kosambi. Namun, selain dijual langsung di tokonya, Cari Rasa juga bisa dijumpai di setiap gerobak roti bakar yang ada di berbagai lokasi di Bandung.

Jadi buat yang di luar kota mau ke kota bandung, jangan lupa ya mampir ke list toko-toko kue terbaik yang udah disebutin tadi. Enggak lengkap dan enggak afdal rasanya kalau ke Bandung tanpa mampir dan membeli roti enak tersebut. Mau pilih roti yang mana nih?