5 Kegiatan di Rumah yang Bermanfaat Saat Libur Sekolah

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Kegiatan di Rumah yang Bermanfaat Saat Libur Sekolah

Sabtu | Juni 26, 2021 Last Updated 2021-10-21T16:38:02Z



NUBANDUNG - Libur kenaikan kelas merupakan momen yang dinanti para pelajar. Sayangnya di tengah pandemi Covid-19, aktivitas liburan terhambat karena adanya penerapan PPKM Mikro.


Tapi jangan khawatir, sejumlah kegiatan ini bisa kamu lakukan bersama keluarga untuk menghabiskan libur sekolah.


Dikutip dari siaran pers Ruang Guru, berikut daftarnya:


1. Menonton film atau serial kesukaan


Terkadang banyaknya tugas dan ulangan dari sekolah membuat kita terlewat berbagai acara TV atau film kesukaan. Liburan bisa menjadi salah satu waktu kamu untuk menonton film atau serial-serial.


Tetapi jangan sampai terlalu asyik menonton hingga lupa waktu untuk istirahat. Selain menonton, bisa juga kok sambil belajar bahasa asing lewat film. Contohnya dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris.


2. Lakoni hobi


Terdapat beragam jenis hobi antara lain kesenian, olahraga, memasak, dan lain sebagainya. Hobi merupakan suatu kegiatan rekreasi di waktu luang untuk melepas penat.


Setelah mengejar prestasi akademik selama di sekolah, kita juga perlu menyeimbangkannya dengan kegiatan non akademik. Salah satunya adalah dengan menyalurkan hobi, dengan begitu bakat kemampuan jadi berkembang.


3. Bermain game bersama keluarga


Bermain bersama alias mabar tentu menjadi hal menyenangkan untuk mengusir rasa bosan bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Board game bisa menjadi salah satu alternatifnya, contohnya seperti bermain monopoli, ular tangga, atau kartu uno.


Sekarang banyak variasi board game yang bisa dimainkan. Kegiatan bermain ini ternyata juga bisa membuat ikatan dengan keluarga semakin erat.


Selain itu, bermain board game juga dapat melatih kinerja otak, karena melalui permainan tersebut otak terstimulasi untuk berpikir secara kompleks dan membentuk memori.


Tentunya dengan begitu, kemampuan kognitif menjadi terasah melalui pemecahan masalah dan pengambilan keputusan selama bermain.


4. Buat kerajinan tangan


Banyak kerajinan tangan di kanal Youtube yang bisa ditiru. Contohnya seperti membuat gantungan kunci, menyulam, atau membuat benda lain yang berguna. Barang bekas pun bisa kamu sulap menjadi wadah, pajangan, atau koleksi.


Melakukan kegiatan ini juga bisa meningkatkan kreativitas. Sedangkan kreativitas yang tinggi dapat melatih untuk menggunakan ide-ide baru dalam memecahkan masalah yang tidak terduga nantinya.


5. Membaca artikel dan buku


Buku adalah jendela dunia. Membaca jadi salah satu cara mengisi waktu luang. Selain itu, membaca dapat meningkatkan literasi serta fungsi otak.


Tak harus buku pengetahuan, buku fiksi pun bisa menjadi salah satu pilihannya. Bila belum terbiasa membaca buku yang tebal, bisa dimulai dengan membaca artikel.