Aplikasi Good Doctor Solusi Kesehatan di Masa Pandemi

Notification

×

Iklan

Iklan

Aplikasi Good Doctor Solusi Kesehatan di Masa Pandemi

Minggu, 06 Juni 2021 | 10:38 WIB Last Updated 2021-06-06T03:38:38Z

NUBANDUNG
- Salah satu teknologi yang cukup menonjol selama masa pandemi ini adalah penggunaan telemedicine alias aplikasi kesehatan. Platform yang menyediakan layanan ini juga semakin bertumbuh di tanah air, salah satunya adalah Good Doctor.

Aplikasi Good Doctor memberikan solusi layanan kesehatan lengkap, seperti tanya jawab kesehatan secara online dengan dokter-dokter professional.

Ada pula e-commerce untuk berbagai produk kesehatan dan kebugaran, serta berbagai konten mengenai kesehatan dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter.

Dalam acara peluncuran, Danu Wicaksana, Managing Director menyatakan bahwa dalam setahun terakhir, Indonesia telah mengalami pandemi COVID-19. Hal ini sangat menghantam berbagai aspek kehidupan, termasuk mengurai kapasita pelayanan kesehatan di Indonesia.

Menurutnya, banyak fasilitas rumah sakit yang harus dikurang. Di samping itu, banyak dokter-dokter yang sudah senior, di atas 60 tahun, yang harus mengurangi jam praktiknya.

“Tentu saja ini sangat menghambat dan mengurangi akses layanan kesehatan. Di sini, kami sebagai salah satu pemain telemedicine masuk dan membantu, supaya akses layanan kesehatan tetap berlangsung secara baik,” ujar Danu.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa berdasarkan data dari Katadata, sepanjang tahun 2020, perkembangan telemedicine Indonesia naik secara signifikan, sekitar enam kali dibandingkan pada saat awal pandemi COVID-19.

“Di Good Doctor, kami sangat bersyukur, karena kita juga berhasil tumbuh kira-kira 8-10 kali. Kami juga sangat bersyukur, dalam usia yang muda ini, kita bisa menjadi mitra resmi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo), dan juga Ikatan Dokter Indonesia (IDI),” ungkapnya.

Good Doctor juga menjadi partner dari fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia. Sebagai contoh, Good Doctor memiliki partner rumah sakit dan apotek sebanyak lebih dari 2000. Platform ini juga memiliki ribuan dokter-dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis, yang ada di seluruh Indonesia.

“Hari ini kami sangat bangga bisa mempersembahkan aplikasi Good Doctor kepada masyarakat Indonesia degan tema peluncuran “Good Doctor Good Indonesia”. Artinya, kami ingin mengapresiasi kinerja dari teman-teman tenaga kesehatan di seluruh Indonesia yang sudah menjadi garda terdepan dalam penanggulangan COVID-19,” tutur Danu.