Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Bedanya Lotek, Gado-gado, Karedok, Ketoprak, dan Pecel

Kamis, Juni 03, 2021 | 08:26 WIB Last Updated 2021-09-13T15:38:17Z

NUBANDUNG
– Andaikan sedang tidak berpuasa, siang-siang begini menyantap sepiring gado-gado mungkin terasa sangat nikmat. Atau mungkin beralih ke menu lainnya yang tak kalah nikmat; makan karedok dengan nasi putih hangat.

Pernahkan terbersit sedikit pertanyaan, sebenarnya apa yang jadi perbedaan antara gado-gado dan karedok, serta makanan sejenis lain seperti ketoprak, pecel, dan lotek?

Kelima jenis panganan tersebut memang sama-sama berkuah kacang dan terdiri dari campuran sayuran yang sangat mirip. Tapi ternyata, gado-gado, karedok, ketoprak, pecel, dan lotek punya perbedaan yang cukup kentara.

1. Karedok


Karedok adalah makanan khas Sunda yang menggunakan sayuran mentah, seperti mentimun, tauge, kacang panjang, kol, daun kemangi, dan terong. Sayur-sayuran tadi kemudian dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan bumbu kacang. Biasanya dihidangkan dengan kerupuk atau emping melinjo di atasnya.

2. Gado-gado


Gado-gado memang cukup mirip dengan karedok. Bedanya, gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu. Sayuran dalam gado-gado biasanya adalah kacang panjang, mentimun, wortel, selada, dan kentang.

Rasa saus kacang yang digunakan dalam gado-gado pun sedikit lebih manis ketimbang karedok. Gado-gado juga biasa disajikan dengan tambahan lontong, telur rebus, kerupuk, dan emping.

3. Ketoprak


Makanan khas Betawi yang satu ini sebenarnya punya perbedaan yang cukup signifikan ketimbang gado-gado, karedok, pecel, dan lotek. Ketoprak menggunakan bahan utama bihun rebus, ketupat, tahu goreng, dan taoge.

Sama dengan dua makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, ketoprak juga disiram dengan saus kacang dengan rasa bawang putih yang cukup dominan. Selain itu, ketoprak juga bisa disajikan dengan telur dan kerupuk sebagai pelengkap.

4. Pecel


Makanan ini berasal dari Madiun, Jawa Timur. Pecel biasanya menggunakan sayuran seperti kacang panjang, kol, kangkung, dan tauge. Perbedaan paling mencolok dari pecel adalah saus kacang yang digunakan.

Biasanya saus kacang pada pecel dicampur dengan daun jeruk, yang akan menimbulkan rasa serta aroma yang berbeda. Pecel juga sering disajikan bersama pelengkap berupa rempeyek kacang atau teri.

 5. Lotek


Makanan yang satu ini sering keliru antara gado-gado dan pecel. Terlebih karena sayuran di lotek juga hampir serupa dan diolah dengan cara direbus terlebih dahulu, sama seperti gado-gado dan pecel. Bedanya, sayuran pada lotek biasanya terdapat bayam, kol, tauge, dan kadang-kadang ada juga yang menambahkan bunga turi.

Selain itu, saus kacang pada lotek juga dicampur dengan kencur yang memberikan sensasi rasa yang berbeda. Lotek biasa disajikan bersama ketupat atau nasi putih dan dilengkapi dengan kerupuk.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan antara kelima makanan tadi?

Sumber: grid.id

 
X
X