Wahyudin Darmalaksana: Menulis sebagai Promosi Sumber Daya Akademisi

Notification

×

Iklan

Iklan

Wahyudin Darmalaksana: Menulis sebagai Promosi Sumber Daya Akademisi

Sabtu | Juni 26, 2021 Last Updated 2021-06-26T09:17:34Z

NUBANDUNG-Publikasi ilmiah menjadi komitmen akademisi, termasuk mahasiswa. Komitmen ini ditunjukkan dalam bentuk kegatan penulisan artikel ilmiah. Bahkan, hingga publikasi di jurnal ilmiah.



Sebelumnya diberitakan pelaksanaan Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ). Kegiatan ini digelar oleh Pengembangan Nalar dan Intelektual (PNI) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Kabinet Pioneer Periode 2021/2022, Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Agenda berlangsung 14-25 Juni 2021.
 
Menulis sebagai Promosi
Kegiatan kepenulisan tidak lepas dari promosi sumber daya akademisi, khususnya mahasiswa. Promosi diarahkan pada lima sasaran. Pertama, calon mahasiswa baru agar mengenal keunggulan yang sedang diusung dan diupayakan secara serius. Kedua, institusi pascasarjana bagi akomodasi studi lanjut para lulusan. Ketiga, pasar dunia kerja bagi pertimbangan rekrutmen sumber daya lulusan. Keempat, mahasiswa sendiri bagi penguatan kemampuan kapasitas pengetahuan dan keterampilan akademik. Kelima, pihak sponsor bagi dukungan pengembangan akademik melalui beasiswa dan supporting lainnya.
 
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU berharap kegiatan kepenulisan di lingkungan mahasiswa menjadi ajang promosi. “Kemampuan mahasiswa dalam penulisan artikel dan penerbitan artikel mereka di jurnal ilmiah mesti dipromosikan untuk mengundang dukungan stakeholders dan sponsor,” tuturnya di sela-sela acara penutupan WPAJ, Sabtu, (26/06/2021).
 
Hasil Pencapaian WPAJ
Tutor dan Panitia WPAJ mengumumkan beberapa pencapaian. Pertama, tercapai 19 artikel dari 18 Orang mahasiswa. Nama-nama mahasiswa dengan pencapaian penulisan di bawah ini:
 
Hanna Salsabila
Nurlina
Teguh Saputra
Syfa Fauzia Mustofa
Nurindah Sari
Devi Rizki Apriliani
Siti Nurfitriani Wardah
Salwa Nabila Nur Habibah
Raihan Sabdanurrahmat
Siti Sa’adah
Fuji Fauziah Nurul Aisyah
Faradiba Hasni Pitaloka
Ilham Fajar
Dede Suryani
Salman Muzaki
Rizki Maulana Putra
Asya Dwina Luthfia
Siti Nurkholisoh
 
Sebanyak 16 artikel terbit di jurnal ilmiah, yakni 15 artikel terbit di jurnal ilmiah Gunung Djati Conference Series (GDCS) dan 1 artikel terbit di jurnal reguler Journal of Society and Development (JoSD). Sedang 3 artikel telah melakukan pengiriman (submission) ke jurnal ilmiah.


Kedua, peserta kepenulisan tercepat, yaitu: Hanna Salsabila selesai 4 hari; Teguh Saputra selesai 5 hari; dan Nurlina serta Syfa Fauzia Mustofa selesai 6 hari. Ketiga, peserta terajin (paling produktif) yaitu Ilham Fajar sepeken menyelesaikan 2 artikel. 


Keempat, cek plagiasi dengan similarity terkecil, yaitu: Salwa Nabila Nur Habibah dan Dede Suryani 10%; Asya Dwina Luthfia, Hanna Salsabila, dan Ilham Fajar 12%; dan Teguh Saputra, Nurlina, dan Rizki Maulana Putra 14%. Kelima, penerapan aplikasi pengutipan Mendeley, yaitu Salwa Nabila Nur Habibah, Asya Dwina Luthfia, Teguh Saputra, Nurlina, Dede Suryani, Rizki Maulana Putra, Syfa Fauzia Mustofa, Devi Rizki Apriliani, dan Siti Sa’adah.
 
Keenam, karakter teks artikel terbesar, yaitu Asya Dwina Luthfia 4969 Words, Siti Nurfitriani Wardah 4660 Words, Raihan Sabdanurrahmat 4300 Words, dan Salwa Nabila Nur Habibah 4140 Words. Ketujuh, pengutipan sumber dengan referensi terbanyak, yaitu: Fuji Fauziah Nurul Aisyah dan Devi Rizki Apriliani 32 sumber; Salwa Nabila Nur Habibah, Nurlina, dan Ilham Fajar 29 sumber; dan Hanna Salsabila 27 sumber.
 
Kedelapan, artike terbaik, yaitu: Salwa Nabila Nur Habibah ke 1; Asya Dwina Luthfia ke 2; dan Teguh Saputra serta Nurlina ke 3. Kesembilan, panitia secara khusus memberikan apresiasi kepada Nurindah Sari sebagai peserta terajin selalu aktif dalam pelatihan dan selalu mengisi absensi.


Peserta aktif WPAJ sebanyak 52 Orang yang notabene mencakup Mahasiswa IAT dari beragam semester. Para peserta masih terus menyelesaikan penulisan artikel meskipun WPAJ telah berakhir. Penutupan WPAJ berlangsung vitual melalui Zoom, Sabtu, 26/06/2021 pada Pukul 09.30-11.30 WIB.
 
Para peserta menuliskan pesan dan kesan. Juga di antara peserta ada yang diminta menyampaikan kesan dan pesannya secara langsung pada acara penutupan. WPAJ sangat diapresiasi oleh Febri Rudiantara, Ketua Umum HMJ IAT, dan Gusti Rahma Sari S., Sekretaris Umum HMJ IAT. WPAJ merupakan agenda Bidang PNI yang diketuai oleh Salwa Nabila Nur Habibah. Ini merupakan WPAJ ke-2 dengan Ketua Panitia M. Hanif Yaumul Izza dan Sekretaris Panitia Siti Nurfitriani Wardah.
 
Dekan didampingi para Wakil Dekan, Ketua Jurusan IAT, Dr. Ecep Ismail, M.Ag., dan Sekretaris Jurusan IAT., Dr. Siti Chodijah, M.Ag., memberikan pernyataan bahwa seluruh peserta patut mendapat penghargaan. “Seluruh peserta telah melaksanakan tahapan latihan penulisan dengan baik. Bahwa ada yang belum selesai, hal itu karena kendala tertentu saja. Karena itu semua peserta layak mendapat penghargaan,” ungkap Dekan.