4 Efek Samping Berlebihan Minum Kopi yang Wajib Kamu Tahu

Notification

×

Iklan

Iklan

4 Efek Samping Berlebihan Minum Kopi yang Wajib Kamu Tahu

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:18 WIB Last Updated 2021-12-29T08:18:12Z

NUBANDUNG – Kamu suka ngopi? Boleh ngopi, tetapi jangan berlebihan. Walaupun ngopi adalah sesuatu yang menyenangkan karena rasa kopi yang membuat suasana menjadi segar, tetapi lebih baik jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan biasanya kurang baik untuk kesehatan.


Penasaran bagaimana efek samping yang bisa terjadi apabila terlalu banyak mengonsumsi kafein, seperti pada kopi? Berikut ulasannya yang dikutip dari Detik.

1. Masalah pencernaan


Sebagian orang mungkin mengeluhkan rasa mulas, seperti ingin buang air besar, ketika meminum kopi. Ini terjadi karena tubuh melepaskan gastrin, hormon yang diproduksi oleh perut untuk mempercepat aktivitas di usus besar.

Mengingat adanya efek ini, tidak heran jika kamu tiba-tiba ingin buang air besar setelah meminum kopi. Dalam beberapa kasus, terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat menyebabkan diare.

2. Kerusakan otot


Kerusakan otot atau rhabdomyolysis adalah suatu kondisi rusaknya serat-serat otot dan keluarnya isi serat tersebut ke dalam aliran darah. Kondisi ini dapat menyebabkan gagal ginjal dan masalah kesehatan lainnya.

Umumnya rhabdomyolysis disebabkan oleh penyalahgunaan obat, infeksi, dan trauma. Namun, terdapat beberapa laporan yang menyebutkan asupan kafein secara berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan otot.

Dalam satu kasus, seorang wanita mengalami mual, muntah, dan urine berubah menjadi gelap setelah minum 1 liter kopi, yang mengandung 565 miligram kafein. Untungnya, wanita tersebut berhasil sembuh setelah mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Tekanan darah tinggi


Sejumlah penelitian menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah pada seseorang. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko serangan jantung dan stroke.

Efek kafein pada tekanan darah hanya bersifat sementara. Namun, ini bisa menjadi berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh orang yang sudah memiliki darah tinggi dan tidak terbiasa dengan kopi.

4. Kelelahan


Kandungan kafein pada kopi memang dikenal dapat meningkatkan energi. Namun, ternyata mereka juga bisa menyebabkan rasa lelah. Mengapa begitu?

Sebuah studi menemukan bahwa meskipun kafein dapat meningkatkan energi selama beberapa jam, namun kerap kali orang yang sudah meminum kopi akan merasa kelelahan pada keesokan harinya.

Meski efek kelelahan akibat kafein dapat diatasi dengan meminum kopi setiap harinya, tetapi di sisi lain hal ini juga dapat memengaruhi kualitas tidurmu.

So, ngopilah dengan secukupnya, jangan berlebihan.