Inilah 5 Kegiatan di Rumah yang Cocok untuk Mengisi Liburan

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah 5 Kegiatan di Rumah yang Cocok untuk Mengisi Liburan

Selasa, 28 Desember 2021 | 12:58 WIB Last Updated 2021-12-28T05:58:20Z

NUBANDUNG
– Setelah disibukan dengan memenuhi tuntutan tugas sehari-hari, manusia membutuhkan setidaknya waktu untuk rehat sejenak. Karena itu liburan adalah saat-saat yang sangat dinanti oleh semua orang, baik itu oleh para pelajar maupun pekerja. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan, mulai dari berjalan-jalan ke tempat wisata sampai menuntaskan hobi yang belum terselesaikan.

Sayangnya, kondisi pandemi Covid-19 membuat suasana liburan tidak sesemarak seperti dahulu. Peraturan yang membatasi pergerakan orang-orang agar tidak berkerumun diberlakukan dalam rangka upaya untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Karenanya, banyak tempat wisata yang terpaksa menutup pelayanan mereka karena mematuhi peraturan ini.

Hal ini tentu berdampak langsung kepada masyarakat yang membutuhkan sarana rekreasi untuk melepaskan beban pikiran dan mental yang selama ini telah terkumpul. Padahal, kondisi dalam diri manusia memiliki pengaruh besar dalam menjaga kesehatan diri manusia. Jika mental seseorang tidak sehat, maka daya tahan tubuhnya akan menurun sehingga dia menjadi semakin mudah terserang penyakit.

Liburan menjadi cukup penting untuk memenuhi kebutuhan akan kebahagiaan. Padahal, tidak semua kegiatan liburan harus dilakukan dengan pergi ke tempat wisata. Ada banyak kegiatan rekreasi melepas penat yang bisa dilakukan dari rumah. Setelah sebelumnya tim ayobandung memberi rekomendasi berbagai kegiatan liburan dari rumah yang bisa dilakukan ketika tempat wisata masih tutup, kali ini kami juga akan memberikan beberapa kegiatan untuk mengisi liburan anda dari rumah

Membaca


Sebelum adanya internet, buku adalah sumber pengetahuan utama yang digunakan untuk mencari ilmu. Bahkan ketika internet telah hadir pun, buku tetap menjadi rujukan utama bagi orang-orang yang memang memiliki hobi membaca.

Ada banyak pilihan jenis buku bacaan yang tersedia di pasaran, mulai dari yang bersifat serius seperti buku pelajaran sampai pembahasan isu sosial maupun yang bersifat menghibur seperti novel dan buku anak. Genre yang beragam juga menjadi salah satu daya tarik kenapa orang-orang suka membaca buku, seperti horor, komedi, fiksi ilmiah dan banyak lagi lainnya.

Dengan banyaknya waktu luang yang dimiliki, mulai dari pagi hingga malam, anda dapat mulai menamatkan buku-buku yang selama ini baru anda beli namun tidak sempat anda baca. Kesempatan ini juga dapat digunakan oleh anda yang sebelumnya tidak menyukai membaca buku untuk menemukan buku pertama untuk anda cintai. Membaca buku juga akan semakin menyenangkan manakala ditemani dengan cemilan dan minuman.

Menulis


Selain membaca, menulis juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi liburan. Dengan menulis, anda dapat mengeluarkan apa yang selama ini tidak bisa anda katakan. Anda bisa mulai dengan menulis buku harian berisi pengalaman-pengalaman atau apapun yang anda pikirkan. Jika sudah terkumpul cukup banyak, tanpa sadar anda bisa menyiapkan sebuah naskah untuk dirilis.

Menurut banyak penelitian, menulis memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Menyalurkan emosi ke dalam tulisan dapat membantu anda meredakan stress. Selain itu, menulis juga menolong anda berpikir lebih jernih dalam memecahkan masalah karena anda memiliki kesempatan dua kali  untuk memikirkan apa yang tengah anda hadapi.

Bermain game


Kegiatan lain yang dapat anda lakukan untuk mengisi liburan dari rumah adalah bermain game. Dewasa kini, ada beragam jenis permainan tradisional maupun modern yang tersedia untuk dimainkan secara kasual maupun kompetitif.

Memainkan permainan tentu akan lebih menyenangkan ketika dilakukan bersama teman. Ada banyak jenis permainan papan yang dapat dimainkan bersama-sama seperti monopoli, ular tangga, scrabble dan menyusun puzzle. Atau jika anda tidak suka permainan klasik, ada banyak pilihan game yang bisa dimainkan di berbagai platform mulai dari gawai sampai konsol.

Untungnya di masa kini, jarak bukan lagi menjadi penghalang bagi orang-orang yang tidak bisa bertemu untuk bermain bersama. Dengan internet, anda dapat bekerjasama dengan orang-orang di dunia maya dalam menyelesaikan sebuah game. Atau jika anda bukan tipe orang yang suka bermain bersama orang lain, masih tersedia banyak pilihan game untuk anda mainkan sendiri.

Membuat kerajinan


Kerajinan tangan menjadi hobi yang akhir-akhir ini semakin digemari oleh banyak orang. Dengan membuat kerajinan, anda bisa menyalurkan energi dan ide yang selama ini mungkin hanya bisa dipendam di kepala.

Ada banyak kegiatan membuat kerajinan yang dapat anda coba, mulai dari membuat dekorasi rumah dari rangkaian sedotan, membuat tempat sampah dari kardus bekas dan banyak lagi.

Selain murah, membuat kerajinan juga akan membantu mengasah kreatifitas dan perkembangan saraf motorik. Anda juga dapat membuat sesuatu yang lebih baik dengan menggunakan tanah liat.

Kini anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari bahan-bahannya. Suda cukup banyak produk-produk set mengolah tanah liat yang lengkap dan dapat dengan mudah anda dapatkan melalui sosial media.

Mengatur ulang rumah


Waktu luang selama liburan juga dapat anda manfaatkan untuk mendekor ulang rumah. Faktanya, kondisi lingkungan sekitar sangat berpengaruh kepada suasana hati dan pikiran ketika kita beraktifitas. Dengan mendekor ulang rumah, anda dapat menghabiskan waktu liburan dengan produktif sambil berinvestasi menciptakan suasana baru yang segar agar anda dapat semakin  bersemangat dalam beraktivitas.

Dekorasi disini tidak melulu mengenai perubahan total. Membersihkan, menyortir dan menambahkan aksesoris atau barang pendukung juga sudah cukup untuk membuat rumah anda terlihat seperti baru.

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan dirumah yang bisa kamu lakukan selama liburan. Kunci utama mengatasi kebosanan adalah mengetahui apa yang ingin kamu lakukan. Kemudian, buatlah kegiatan tersebut menjadi menyenangkan.

Sumber: Ayobandung.com