Notification

×

Iklan

Iklan

8 Pola Hidup Islami Agar Tetap Sehat dan Bugar

Rabu, Juli 28, 2021 | 10:03 WIB Last Updated 2021-07-28T03:03:31Z

NUBANDUNG
 - Rasulullah Saw. bersabda, "Tidaklah sekali-kali manusia memenuhi sebuah wadah yang lebih berbahaya daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka seperti bagian untuk makanan (lambung), sepertiga lagi untuk minumannya dan seperti lagi untuk nafasnya (udara)." (HR Tirmidzi).

Dengan menjaga kesehatan tubuh, tentunya kita akan lebih bersemangat menjalankan fungsi kemanusiaan; sehingga mendapat ridha Allah. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, yakni dengan mengikuti pola hidup yang baik untuk menciptakan kondisi tubuh yang sehat.

Berikut kami kemukakan pola hidup sehat di bawah ini:

1. Makanan yang sehat


Konsumsilah bahan makanan yang alami dan segar seperti sayur dan buah-buahan. Pola makan yang sehat adalah memperhatikan asupan yang baik bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air yang cukup untuk mengisi energi tubuh kita.

2. Tidur yang sehat


Kita harus sadar terhadap pentingnya mendapatkan kualitas tidur yang sehat. Sebab, tidur yang sehat akan menyesuaikan tubuh kita dengan siklus alam. Tidur yang seperti ini diajarkan oleh nabi Saw., yakni ketika kita tidur setelah malam dan beranjak bangun tidur sebelum matahari terbit.

3. Aktivitas yang sehat


Perbanyaklah menggerakkan tubuh, karena dengan kurang gerak akan mengurangi energi. Maka, untuk menciptakan kesehatan tubuh dan memompa energi dalam diri, kita butuh bergerak secara teratur. Tetapi, ingat wahai muslimah, jangan pula berlebihan bergerak karena akan membuat badan kita letih, lesu, lemah dan sakit.

4. Buang kotoran teratur


Agar tubuh kita bebas dari penyakit, seorang muslimah, harus rajin membuang kotoran di dalam tubuhnya. Karena setiap zat makanan yang tidak diserap oleh tubuh itu akan jadi sampah atau racun, dan itu harus dibuang. Karena itu, membuang kotoran setiap hari adalah sehat. Terganggu pembuangan kotoran ini menjadi gangguan pencernaan dan akan jadi racun dalam tubuh.

5. Puasa sunah


Proses mencerna makanan yang terus-menerus lama-lama menjadi tidak menyehatkan tubuh kita. Karena organ pencernaan tidak beristirahat. Makanya, seorang muslimah, agar tubuhnya selalu sehat, harus membiasakan puasa sunah secara rutin bulanan, sehingga membuat organ pencernaan kita bekerja dan berisitirahat secara teratur.

6. Olahraga teratur


Fungsi olahraga untuk memperlancar peredaran darah. Meditasi, yoga, bersepeda atau jalan cepat itu mampu memacu denyut jantung lebih aktif. Seorang muslimah yang sehat lebih dicintai Allah daripada seorang muslimah yang lemah dan pesakitan, karena itu, agar tubuh kita sehat dan pikiran jadi lebih jernih dan tenang; lakukanlah olahraga secara teratur.

7. Biasakan banyak minum air putih


Air putih berfungsi mempertahankan cairan tubuh serta menghasilkan detoksisasi secara murah dan alamiah. Zat-zat sisa di dalam darah akan dibuang melalui keringat, saat buang air kecil dan air besar. Dengan membiasakan minum air putih, darah kita akan sehat. Karena itu, perbanyaklah minum air putih mineral; jangan menyukai minuman yang berwarna seperti kopi, coca cola, dan minuman bersoda lainnya.

8. Bekerja dan istirahat secara seimbang


Ketika tubuh kita kelelahan, maka yang dibutuhkan adalah meredakan kelelahan dengan cara beristirahat. Dengan rajin beristirahat secara seimbang, setelah lelah bekerja akan membuat tubuh kita sehat. Tidur siang sangat dianjurkan untuk mengembalikan vitalitas tubuh kita, karena mereka yang banyak pikiran dan masalah dalam hidup memiliki kualitas tidur yang rendah, bahkan tidurnya selalu dipenuhi mimpi buruk.

Semua pola hidup sehat di atas, dapat kita implementasikan dalam hidup sehari-hari dengan konsisten dan mudah. Ketika kamu hendak mengawali hari, maka berzikirlah dengan doa: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadamu kesehatan dan manfaat di dunia dan di akhirat, Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kesehatan dan manfaat dalam agamaku dan duniaku dan keluargaku dan hartaku, Ya Allah tutupilah auratku dan selamatkanlah kehormatanku.”

Insyaallah, hari-hari kalian akan selalu diisi dengan kegiatan bermanfaat dan menyehatkan tubuh, menyegarkan jiwa, dan membangkitkan ghirah hidup yang penuh optimisme.
X
X