Cara Merawat dan Memeriksa Rem Cakram Sepeda Motor

Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Merawat dan Memeriksa Rem Cakram Sepeda Motor

Senin, 12 Juli 2021 | 22:54 WIB Last Updated 2022-11-28T01:51:00Z

NUBANDUNG.ID
- Peranan rem pada sepeda motor sangatlah penting dimana masuk kedalam faktor keselamatan dalam berkendara. Sampai saat ini tipe rem yang digunakan di sepeda motor hampir seluruhnya menggunakan tipe rem cakram.

Mengenai fungsi dasar dari rem yaitu salah satunya untuk menghentikan sepeda motor bila diperlukan. Seperti dikondisi sepeda motor berhenti di lampu merah, berhenti mendadak dan jalanan menurun maupun tikungan.

Perlu diperhatikan setiap kondisi rem baik tipe tromol atau tipe cakram di sepeda motor. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips mudah cara merawat dan memeriksa rem cakram sepeda motor kesayangan kamu, berikut tipsnya:


1. Periksa Gesekan Rem



Angkat roda depan atau belakang dari lantai menggunakan standar tengah atau standar sejenis. Putar roda dengan pelan, dan periksa putaran rodanya. Kondisi normal putaran roda berputar lancar tanpa hambatan, jika rem bergesekan di suatu titik, putaran roda menjadi pelan di sana.

Hal yang harus periksa adalah kerataan dari permukaan brake pad, disc brake dan kaliper rem. Bersihkan komponen-komponen tersebut dan jika terjadi macet dikaliper kamu perlu melakukan pembongkaran lebih lanjut agar putaran roda normal kembali.


2. Periksa Ketinggian Minyak Rem



Lihat garis horisontal lower lever pada reservoir tank dengan menggerakkan handle bar. Selain itu, periksa juga Ketika minyak rem sedang bekerja dengan cara “tarik” dan “lepas” brake lever / pedal beberapa kali. Pastikan kembali lagi ke posisi semula.


3. Periksa Kebocoran Minyak Rem



Jika ditemukan retak atau celah, berarti hose sudah buruk dan harus diganti. Pada saat master rem ditekan melalui brake lever / pedal minyak rem akan menggerakan piston yang ada pada kalipe. Jangan lupa ganti minyak rem secara berkala, bertujuan untuk menjaga kinerja sistem rem tetap dalam kondisi yang optimal.


4. Periksa Keausan Brake Pad dan Disc Brake



Kondisi keausan brake pad dapat diperiksa dengan indikator keausan pada brake pad. Jika alur dari indikator keausan (pada titik dimana banyak keausan) menghilang dan ketebalan dan kebengkokan disc brake tidak sesuai spesifikasi model, maka waktunya untuk mengganti komponen tersebut.


Demikian tips merawat rem cakram sepeda motor, periksa empat point diatas agar kondisi rem cakram sepeda motor aman dan bekerja dengan optimal. Namun jika mengalami kesulitan dalam memeriksa rem cakram ini, bisa dengan mudah datang ke Yamaha Service Shop (YSS) atau dealer resmi Yamaha.


Sepeda motor Yamaha akan ditangani oleh teknisi handal dan bersertifikat. Selain itu di Yamaha Service Shop (YSS) bisa memanfaatkan Service Kunjung Yamaha (SKY).


Jangan lupa download Aplikasi MY YAMAHA untuk memudahkan dalam perawatan sepeda motor Yamaha. (***)