Pasca Divaksin Covid-19, Hindarilah Makanan dan Minuman Ini

Notification

×

Iklan

Iklan

Pasca Divaksin Covid-19, Hindarilah Makanan dan Minuman Ini

Kamis, 29 Juli 2021 | 08:57 WIB Last Updated 2021-07-29T01:57:13Z

NUBANDUNG
 - Mengutip laman CNBC Indonesia, bahwa program vaksinasi Covid-19 tengah digencarkan oleh pemerintah. Ini merupakan salah satu cara untuk menekan angka penyebaran virus corona.

Kendati demikian bagi mereka yang menerima vaksin bukan berarti bisa lengah dan longgar terhadap protokol kesehatan. Sebab, selain menerapkan 3M ternyata ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi usai vaksin Covid-19.

Sebuah studi dilakukan untuk mengetahui persiapan atau hal-hal yang harus dilakukan dalam vaksinasi. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Advance Social Sciences & Humanities.

Ini mengamati 49 studi vaksin yang dilakukan sebelumnya selama tiga dekade terakhir. Hasilnya, stres menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi efektivitas vaksin.

Selain itu, pola makan juga memainkan peran yang besar, termasuk minum minuman beralkohol. Minuman alkohol dikhawatirkan memiliki efek samping terhadap vaksin.

Berikut makanan yang harus dihindari setelah vaksin.

1. Minuman bersoda atau berpemanis


Anda benar-benar disarankan untuk tidak meminum minuman jenis ini. Minuman jenis ini tak memiliki satu pun manfaat kesehatan.

Alih-alih sehat, terlalu banyak minuman bersoda dan berpemanis berisiko penambahan berat badan, diabetes, kerusakan gigi, pembentukan lemak, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi risiko lainnya.

2. Makanan olahan


Makanan olahan didefinisikan sebagai makanan yang telah diubah dari bentuk aslinya dengan pemrosesan pabrik. Makanan dengan proses tinggi cenderung dibuat dengan bahan yang tak sehat seperti gula dan lemak jenuh.

3. Minuman berenergi


Minuman berenergi mengandung stimulan seperti kafein yang membebani kelenjar adrenal dan bersifat adiktif. Tak hanya itu, minuman berenergi juga umumnya mengandung gula dalam jumlah yang tinggi.

4. Makanan cepat saji


Makanan cepat saji jelas bukan pilihan yang tepat. Makanan ini melalui pemrosesan yang tinggi dengan tambahan lemak jenuh dan garam yang tinggi.

5. Minuman beralkohol


Alkohol dikhawatirkan dapat mempengaruhi respons vaksin dalam membentuk pertahanan melawan virus. Sebuah studi juga menemukan, konsumsi alkohol berdampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh.

Sumber: cnbcindonesia.com