Tips Diet Ampuh! Lakukan 5 Hal Ini Usai Makan Banyak

Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Diet Ampuh! Lakukan 5 Hal Ini Usai Makan Banyak

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:16 WIB Last Updated 2021-12-29T08:16:34Z

NUBANDUNG
– Saat libur, banyak orang makan terlalu banyak hingga berat badan kembali naik. Hari libur terasa menyenangkan dengan waktu kumpul bersama keluarga dan kerabat. Kegiatan ini biasanya diisi dengan agenda menikmati makanan bersama-sama.

Tak jarang, banyak orang berakhir makan terlalu banyak. Saat silaturahmi ke rumah orang lain, mereka akan kembali makan padahal sedang tidak lapar.

Akibatnya perut terasa begah, tak nyaman, dan bahkan berat badan kembali naik. Untuk menghindarinya, ada tips diet yang bisa kamu praktikkan.

Tetap makan di waktu seharusnya


Sering kali kamu berakhir melewatkan waktu makan setelah merasa sudah makan terlalu banyak, padahal hal ini kurang tepat jika kamu mau memulihkan diri.

"Tidak makan dalam waktu lama bukanlah pilihan," kata ahli gizi Chelsey Amer seperti dikutip dari Shape. Ia menjelaskan tubuh tetap butuh asupan makanan sebagai sumber energi.

Melewatkan waktu makan bisa membuat kamu justru makan berlebihan nantinya. "Ketika kamu membatasi asupan makanan dengan ketat, hal ini akan membuat rasa ngidam akan makanan semakin besar dan kemungkinan makan lebih banyak bisa terjadi," ujar Amer.

Amer merekomendasikan makan secara normal. Makan saat merasa lapar dan berhenti saat merasa cukup. Hal ini memang butuh latihan panjang, terlebih dalam mengenali rasa lapar yang sesungguhnya.

Minum banyak air


Tips diet selanjutnya adalah minum banyak air. Kuncinya adalah memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Menurut ahli gizi Kristen Smith seperti dikutip dari Shape, asupan air akan membantu tubuh mengeluarkan racun atau limbah yang tersisa. Hal tersebut merupakan detoks alami oleh tubuh.

Hindari membeli produk detoks seperti jus detoks karena tubuh tidak memerlukannya. Tubuh dinilai sudah pintar untuk melakukan fungsi detoks lewat urin, keringat, dan lainnya.

Rencanakan makan sehat


Setelah mengonsumsi menu yang tinggi lemak dan kalori, paling bagus adalah merencanakan makan sehat setelahnya. Perbanyak asupan buah dan sayur untuk mendapat asupan serat, vitamin, dan mineral.

Lalu perhatikan juga bahan-bahan dan metode memasak hidangan. Pastikan tidak menggunakan bahan tinggi kalori lagi dan hindari makanan yang digoreng. Kamu bisa mengasup sup ayam, sayur bening, atau capcay sebagai sumber serat. Imbangi dengan protein seperti ayam panggang atau ikan bakar.

Makan perlahan


Tips diet selanjutnya adalah makan pelan-pelan, jangan terburu-buru. Cara ini memungkinkan otak dapat menerima sinyal kenyang dari perut dengan lebih baik.

Pasalnya, butuh waktu sekitar 20 menit bagi perut mengirim sinyal kenyang ke otak. Dengan makan perlahan, kamu mungkin makan lebih sedikit kalori dan merasa lebih puas dengan makanan yang disantap.

Buang kalori dengan jalan kaki ringan


Setelah makan banyak, ada baiknya membuang asupan kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh. Caranya tak perlu olahraga berat. Kamu hanya perlu jalan kaki ringan.

Kepada Shape, ahli gizi Lauren O'Connor mengatakan kalau kamu memaksakan olahraga terlalu berat, bukan tidak mungkin, perut malah sakit dan mual. Lebih baik jalan kaki ringan sekitar 10 menit untuk membantu proses pencernaan berjalan lebih lancar.

Sumber: Detik.com