Notification

×

Iklan

Iklan

4 Layanan Email Alternatif Selain Gmail Ini Patut Dicoba

Jumat, Agustus 06, 2021 | 13:40 WIB Last Updated 2021-08-06T06:42:05Z

NUBANDUNG
 – Gmail adalah layanan email yang paling populer karena mudah digunakan dan tampilannya yang minimalis. Akan tetapi, Gmail pernah tersandung kasus privasi. Selain itu, makin banyak layanan email yang bermunculan sebagai alternatif.

Kasus privasi yang pernah melanda Gmail terjadi pada 2018, ketika Google mengumumkan untuk berhenti meng­-scan email pengguna. Hasil scan ini digunakan untuk iklan bertarget. Selain kasus privasi, terdapat beberapa kelemahan dari Gmail seperti minimnya ruang penyimpanan (10GB) dan tidak menyediakan fitur enkripsi end-to-end.

Berikut rangkum 4 layanan email alternatif selain Gmail yang patut dicoba:

ProtonMail


ProtonMail ditemukan pada tahun 2013 dan menjadi salah satu alternatif Gmail terbaik. Server dari ProtonMail berada di Swiss dan data pengguna akan aman di bawah hukum privasi negara Swiss.

Kemudian, ProtonMail juga menyediakan enkripsi ­end-to-end, yaitu keamanan email otomatis. Surel yang terenkripsi tidak dapat dibagi dengan pihak ketiga. Untuk membuat email pun mudah karena tidak ada informasi pribadi yang diperlukan. Secara default, ProtonMail tidak akan menyimpan log IP pengguna.

ProtonMail patut dicoba karena fitur keamanan dan privasi penggunanya jauh lebih terjaga dan Protonmail menjanjikan hal tersebut.

Microsoft Outlook


Dengan lebih dari 400 juta pengguna, Outlook milik Microsoft juga menghadirkan layanan email yang dilengkapi dengan pengaturan akun yang mudah serta integrasi yang baik.

Dari sisi keamanan, kotak email pengguna dilindungi oleh filter spam email. Kemudian, pengguna dapat menggunakan aplikasi autentikasi milik Microsoft untuk login tanpa harus mengetik kata sandi secara manual.

Outlook juga dapat berfungsi sebagai kalender, catatan, mengorganisir kegiatan serta kontak telepon, dan lain-lain. Sayangnya, Outlook hanya menyediakan jasa penyimpanan sebesar 5GB.

Tutanota


Tutanota menawarkan layanan email yang memiliki keunggulan privasi seperti ProtonMail. Tutanota juga memiliki enkripsi end-to-end. Pengguna juga dapat mengirim email terenkripsi ke pengguna non-Tutanota.

Tutanota memiliki layanan gratis dan 3 paket berbayar. Pengguna dapat membayar perbulan atau pertahun. Untuk layanan gratis, pengguna hanya dapat mengakses satu layanan kalender dan 1GB ruang penyimpanan.

Kelemahan dari Tutanota adalah ketika layanan down, perbaikan dari tim teknisnya sedikit lambat. Maka apabila terjadi error secara tiba-tiba hal tersebut akan memakan waktu yang lumayan. Selain itu harga dari paket berbayar cukup mahal. Akan tetapi bila pengguna mengutamakan privasi, maka Tutanota adalah pilihan yang tepat.

Mailbox.org


Mailbox.org adalah salah satu layanan email dengan rating tertinggi menurut Techradar, yang berdasar di Jerman. Jerman merupakan negara yang terkenal mendukung hukum perlindungan data.

Mailbox menawarkan tiga paket berbayar, diiringi dengan masa percobaan gratis selama 30 hari. Hanya dengan USD1 per bulan, pengguna dapat menikmati ruang penyimpanan sebesar 2GB, penyimpanan cloud sebesar 100MB, 3 alias email dan fitur video conference. Terdapat juga paket Team Mail dan Business Mail yang menyediakan fitur dan ruang penyimpanan yang lebih banyak dari paket pertama.

Keamanan Mailbox tidak perlu diragukan lagi, karena pengguna dapat membuat akun secara anon dan membayar secara anon. Pembayaran yang dibuat akan dilindungi oleh hukum perlindungan data di Jerman dan Eropa.

Apabila pembaca mencari layanan penyedia email yang menjamin privasi dan keamanan data maka salah satu atau lebih layanan di atas patut diberi kesempatan.
X
X