Notification

×

Iklan

Iklan

Kawah Rengganis, wisata Keindahan Alam Bandung Selatan

Sabtu, Agustus 07, 2021 | 18:30 WIB Last Updated 2021-08-07T12:04:33Z


NUBANDUNG
- Kembali bertualang di daerah Bandung Selatan, tepatnya Ciwidey. Daerah dengan perkebunan teh yang terhampar luas ini memang dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal di Bandung. 


Maka jangan heran jika setiap akhir pekan, jalan menuju Ciwidey padat merayap oleh kendaraan roda empat yang umumnya berasal dari luar kota.


Salah satu primadona wisata di Ciwidey adalah Kawah Putih. Suasana romantis sangat terasa kental di sana. Tapi siapa sangka bahwa sebenarnya ada kawah lain yang tidak kalah memukau. Namanya Kawah Rengganis. 


Tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari Kawah Putih. Lokasinya berdekatan dengan Situ Patengan. Kawah Rengganis ini terbentuk dari letusan gunung Sunda Purba. 


Sebelumnya, Kawah ini lebih dikenal dengan Kawah Cibuni karena kawah ini terletak di Desa Cibuni. Namun sejak kawah ini diambil alih oleh pihak pengelola, kawah ini lebih terkenal dengan sebutan Kawah Rengganis.


Kawah Rengganis berbeda dengan saudaranya, Kawah Putih. Anda akan menemukan banyak bebatuan yang tersebar di Kawah Rengganis. Tidak seperti Kawah Putih, air di Kawah Rengganis pun bisa digunakan untuk mandi dan berendam. 


Kolam rendamnya pun sudah dilengkapi dengan beberapa pancuran yang bisa anda gunakan sebagai alternatif pengobatan. Maka tak heran jika di kolam dengan pancuran tersebut anda akan berjumpa dengan banyak orang tua. 


Suasana kolam rendam yang masih alami dengan beberapa pancuran air panas ini, mirip seperti pemandian air panas yang ada di Jepang.


Selain kolam rendam dan pancuran, terdapat pula sebuah makam di kawasan wisata ini. Jadi, selain bertemu dengan orang – orang yang hendak berendam dan mandi, anda pun dapat bertemu dengan peziarah yang datang ke Kawah Rengganis.


Fasilitas pendukung yang ada di tempat wisata ini pun sudah cukup lengkap. Anda akan menemukan toilet yang bisa digunakan untuk berganti pakaian setelah puas berendam. 


Selesai berendam dan kembali berhadapan demgan cuaca dingin tentu akan membuat perut keroncongan, dan anda dapat mengisi perut anda di beberapa warung yang berdiri di sekitar Kawah. Disana pun terdapat sebuah mushala, sehingga anda tidak perlu bingung mencari tempat untuk shalat.


Jika anda berencana untuk datang ke Kawah Rengganis, jalur yang anda gunakan adalah jalur yang sama jika anda hendak mengunjungi Situ Patengan. Setelah bertemu dengan Situ Patengan, arahkan terus kendaraan anda sekitar 2 Km. Anda akan menemukan papan petunjuk lokasi Kawah Rengganis.


Terpikir untuk mencoba berendam di alam terbuka seperti di Jepang? Ayo ke Kawah Rengganis!

X
X