Notification

×

Iklan

Iklan

Cari Oksigen Segar di Bandung? Ke Lembah Tangga 100 Cibiru Aja

Selasa, Agustus 17, 2021 | 13:50 WIB Last Updated 2021-09-13T15:44:07Z


NUBANDUNG
- Selalu ada wisata yang baru di Bandung. Kali ini, Lembah Tangga 100, tempat untuk mencari oksigen segar yang melimpah ruah jumlahnya di alam. Seperti apa ya?


Susana alam di Kota Bandung memang sangat menyegarkan. Tidak hanya obyek wisata alam yang sudah dilakukan pengelolaan, bekas perkebunan pun bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mencari udara segar.


Seperti Lembah Tangga 100 yang ada di Jalan Itar Siliwangi, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, di mana lahan bekas perkebunan yang dipenuhi semak belukar, disulap menjadi ruang terbuka hijau oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung.


Lahan seluas satu hektare lebih milik Pemkot Bandung saat ini baru ditanami sekitar 450 batang bibit pohon buah. Selain itu, tempatnya pun masih dalam pembenahan, di antaranya pembuatan jalan hingga kursi dan meja taman.


Di tempat ini, ada 100 anak tangga yang bisa digunakan untuk melihat lembah atau tebing yang bisa digunakan untuk latar berswafoto.


Lembah Tangga 100 di BandungLembah Tangga 100 di Bandung Foto: Wisma Putra/detikTravel

Meski tidak dijadikan tempat komersil, Lembah Tangga 100 ini bisa dikunjungi untuk sekedar mencari oksigen segar yang jauh dari hirup pikuk polusi udara perkotaan.


"Penanaman pohon, jadi lahan milik Pemerintah Kota Bandung yang kemarin kurang optimal dalam perawatan, kita tanam sekitar 450 pohon," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.


Yana menyebut, pohon buah sengaja ditanam, nantinya bisa dinikmati warga karena tempat tersebut bakal banyak dikunjungi warga.


"Ada lengkeng, nangka dan mangga. Pohon-pohon produktif, pohon keras. Kalau nanti panen jadi daya tarik juga buat daerah ini," ujarnya.


"Ini taman wisata juga ya," tambah Yana.


Yana menyebut, jika penataan tempat tersebut sudah optimal diharapkan tidak terjadi erosi ke kawasan hilir Kota Bandung.


"Kita optimalisasi lahan kritis, kita tanami pohon produktif, minimal tidak ada erosi dan mengurangi sedimen yang masuk ke sungai di Kota Bandung," pungkasnya.


Bagi kalian yang tertarik ke tempat ini, karena belum ada tempat untuk berteduh sangat cocok datang di pagi atau sore hari. Selain itu, tetap jaga lingkungan sekitar dan jangan membuang sampah sembarangan ya!

X
X