Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Bikin Emplod (Endog Lewo) Khas Garut

Sabtu, Agustus 28, 2021 | 14:41 WIB Last Updated 2021-09-13T15:35:43Z


NUBANDUNG
- Panganan khas dari Garut ini pastinya asing di telinga. Bahkan, dari sisi penamaanya terdengar agak pornografis. Emplod...Ya Emplod! Nama kudapan kecil itu punya cita rasanya tidak seaneh namanya. 


Orang Cibatu, orang-orang menyebutnya Endog Lewo. Sementara itu, di Banyuresmi disebut dengan Emplod. Bisa dikatakan juga Endog Lewo mempunyai arti yaitu telur yang terbuat dari daerah kampung Lewo di Cibatu. Sedangkan, dinamakan Emplod karena kemungkinan besar, amul-ampulan kalau dimakan oleh kakek nenek. 


Emplod sendiri terbuat dari bahan dasar singkong yang digiling halus dan diperas. Singkong tersebut didiamkan selama 24 jam. Jika proses tersebut sudah menempuh satu hari, singkong tadi dicampur dengan parutan kelapa serta bumbu dan dibentuk dengan bulatan kecil sebesar kelereng, kemudian digoreng. 


Di Banyuresmi, Emplod sangat keras sekali...sehingga kalau dimakan oleh orang yang tak bergigi atau ompong akan kesulitan (gagahelan). Sementara di Cibatu, dengan nama Endog Lewo, mirip dengan panganan kecil yang kriukk... 


Emplod dapat anda jumpai di toko oleh oleh Garut. Apakah anda tertarik untuk mencicipi Emplod? Anda juga bisa berkreasi membuat Emplod. Jika Anda ingin cara detailnya, silahkan ikuti uraian resep membuat Emplod di bawah ini. Pastinya sederhana dan enak. 


Bahan-bahan:


- Singkong 1/2 Kg (digiling diperas dan diamkan dulu selama 24 jam)

- Bawang putih 1 siung (dihaluskan)

- Daun bawang 1 batang (dipotong-potong)

- Garam 1 sendok teh

- Kelapa parut 1/4 Butir

- Minyak goreng


Cara Membuat Endog Lewo atau Emplod:


- Pertama kukus singkong bersama dengan parutan kelapa, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk.

- Campurkan garam, bawang putih dan daun bawang hingga merata.

- Siapkan wadah kemudian pipihkan adonan di atas, dan potonglah menjadi beberapa bagian sesuai selera dan dibentuk bundar.

- Kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan.

- Terakhir...hidangkan!

X
X